Tips 3/3: Atasi bau mulut


Bau mulut memang terkadang sangat membuat masalah ketika kita sedang berbincang-bincang dengan orang lain. Lawan bicara kita menjadi kurang nyaman akibat dari bau yang keluar dari mulut kita. Bahkan orang-orang di sekitar anda akan mulai malas untuk berbicara dengan anda jika tidak segera diatasi.  Segera kenaali penyebab bau mulut:
  1. Faktor di dalam mulut sendiri. Ada gigi berlubang, banyak plak atau karang gigi, gigi rusak apa lagi busuk dibiarkan tidak dirawat. Gigi semacam ini jadi sarang kuman dan tempat sisa makanan yang tidak dapat dibersihkan secara tuntas dan akhirnya membusuk. Akibatnya menyebarkan bau tidak sedap. Lidah dan gusi bengkak juga bisa jadi sumber bau mulut bila tidak pernah dibersihkan.
  2. Faktor dari luar mulut tetapi masih dari saluran nafas atau cerna atau penyakit umum. Peradangan atau penyakit pada bagian-bagian ini menyebabkan hal serupa seperti faktor pertama. Sebagai contoh penyakit tuberkulosis menyebabkan bau mulut agak amis, diabetes menyebabkan bau mulut seperti aceton (cairan cat kuku).
  3. Merokok. Selain merusak kesehatan, kebiasaan buruk merokok juga dapat memicu bau mulut. Hal ini disebabkan karena adanya akumulasi nikotin, tar dan zat-zat berbau busuk lainnya dalam rongga mulut.
Napas yang berbau tentu membuat Bujang Dare tidak percaya diri saat ingin berbicara. Kondisi tersebut memang memalukan. Tapi jangan khawatir, terdapat tiga cara untuk mengatasi masalah mulut ini.
  1. Sikat Gigi, penyegar mulut & dental floss. Bau mulut bisa terjadi karena terdapat sisa makanan di gigi, yang mengakibatkan timbulnya bakteri. Dengan menyikat gigi secara teratur, Bujang Dare akan terhindar dari bau mulut. Setelah menyikat gigi, gunakan dental floss atau benang gigi untuk membuang sisa makanan terkecil. Lidah juga sumber bakteri yang mengakibatkan bau mulut tak sedap. Untuk mengatasinya, setelah menyikat gigi kumurlah dengan larutan penyegar mulut.
  2. Mengunyah Permen. Dengan mengunyah, mulut akan menghasilkan air liur. Air liur dapat menghindari Bujang Dare dari hawa napas yang tidak sedap. Cari permen yang mengandung xylitol untuk membantu membasmi bakteri pada mulut.
  3. Lemon. Potongan lemon yang dimasukkan ke dalam minuman atau diperaskan ke dalam makanan dapat membantu napas tetap segar. Lemon bisa menetralkan bau mulut atau aroma makanan yang cukup kuat. Seperti aroma kambing, ataupun aroma bawang.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: warrendaledental.co.uk


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.