Tips 3/3: Cara Rawat Wajah


3/3
Berkeringat, meski rasanya tidak nyaman, tetapi memberi banyak manfaat. Keringat berfungsi mendinginkan dan mendetoks tubuh, sekaligus membersihkan pori-pori dari kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak yang berlebih. Bujang Dare hanya perlu rajin mengelap keringat dengan handuk; jika tidak, racun-racun akan menetap di wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat. Sayangnya, ketika kita berkeringat akibat cuaca yang panas, wajah kita bisa terlihat berminyak dan make-up jadi luntur. Agar kita tidak repot bolak-balik ke toilet untuk touch-up, coba ubah kebiasaan Bujang Dare dalam merawat wajah.

1. Aplikasikan make-up yang tepat
Seperti juga saat memilih primer, memilih formula yang bebas minyak namun antikering juga merupakan kunci saat memilih alas bedak yang baik. Bujang Dare yang berkulit berminyak bisa memilih produk yang mengandung penyerap minyak dan bahan conditioning. Pemilik jenis kulit kombinasi dan sensitif, bisa menggunakan produk oil-free yang mengandung SPF 20. Untuk rias mata yang bebas keringat, pilih eye shadow dan eyeliner yang tahan air.

2. Pola Makan Sehat
Apa yang terjadi pada tubuh berhubungan dengan apa yang Bujang Dare makan. Karena itu, hindari beberapa makanan yang dapat membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak dan jerawat. Hindari mengonsumsi gula, produk dengan lemak jenuh dan lemak trans. Konsumsi makanan dengan asam lemak (ikan), buah segar dan sayuran. Selain mencegah jerawat dan menutrisi, makanan tersebut akan mengontrol produksi minyak pada kulit.

3. Kertas minyak
Cara instan untuk melakukan touch-up di sela-sela kesibukan Bujang Dare adalah mengelap wajah dengan kertas minyak. Simpanlah selalu produk kertas minyak di dalam tas Anda. Saat ini juga sudah ada kertas minyak yang mengandung bedak ringan, sehingga wajah Bujang Dare langsung segar dalam sekejap. Memiliki wajah yang bersih bebas kilap dan minyak adalah impian kita semua. Wajah yang tetap fresh dari pagi sampai sore tanpa harus re-touch makeup atau menepuk-nepuk wajah dengan kertas minyak dianggap lebih baik dibandingkan wajah yang dipenuhi minyak.

3 hal yang dihindari

1. Jangan mencuci muka terlalu sering
Saat cuaca begitu panas, pasti Bujang Dare merasa ingin sering-sering mengguyur wajah dengan air dingin. Namun busa dan air yang berlebihan ternyata dapat mengikis kelembaban kulit dan menyebabkan kelenjar sebaceous (yang mengeluarkan substansi berminyak yang disebut sebum) bekerja keras untuk melembabkan kulit. Hal ini justru mengakibatkan efek rebound, berupa kulit yang lebih berminyak.

Tetaplah mencuci muka dua kali sehari, sedangkan untuk touch-up pada siang hari lebih baik gunakan toner yang lebih ringan atau tisu wajah dengan pelembab. Bujang Dare sangat tidak disarankan untuk produk antijerawat yang sangat intens. Sebaiknya jangan menggunakan produk yang ditujukan untuk jerawat remaja.
Produk-produk ini menyasar jerawat yang muncul akibat hormon, yang kondisinya sangat berbeda dengan jerawat pada perempuan usia 20-40an. Gunakan produk yang mengandung antiperadangan dan antiinfeksi.

2. Pembersih Wajah Beralkohol
Beberapa pembersih wajah atau toner mengandung alkohol dalam berbagai nama dan istilah yang berbeda. Pada awalnya, wajah terasa kesat, bersih dan segar, tetapi itu hanya sementara. Semakin banyak minyak alami yang terkuras dari wajah, maka kulit akan semakin banyak memproduksi minyak. Sehingga wajah akan semakin berminyak.

3. Produk yang mengandung minyak
Beberapa produk pelembab dan krim mengandung minyak yang bertujuan melembabkan. Jika kulit Bujang Dare sudah berminyak, hindari menggunakan produk jenis ini. Pilih pelembab dan krim berbahan dasar air, sehingga tidak berat di kulit, melembabkan tanpa membuat kulit makin berminyak.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.