Tips 3/3: Rawat Helm Yuk!

3/3
Helm sebagai penutup kepala saat berkendara atau bekerja, Agar selalu nyaman dipakai, BD jangan sampai lupa untuk merawatnya. Tidak mau kan, helm yang BD sering gunakan menimbulkan bau apek. Ayo rajin - rajin membersihkan dan merawat helm, bisa dilakukan sendiri kok, caranya seperti berikut ini

a. Buka kaca penutup, khususnya jenis full face, saat helm tak digunakan. Karena bila dibiarkan tertutup, udara pengap dan bau bekas keringat bakal terus terperangkap di dalam helm. Bau menyengat juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa dan inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

b. Biasakan menjemur helm setelah penggunaan pada perjalanan jarak jauh. Atau perawatan setidaknya dilakukan sepekan sekali, untuk penggunaan harian di Indonesia. Letakan helm dalam posisi terbalik dengan kaca dan seluruh bagian ventilasi terbuka. Ruang terbuka bagian bawah helm mempercepat penguapan butiran keringat dalam helm. Dan sinar ultra violet matahari mampu menetralisasi bar keringat itu.

c. Menaruh wewangian seperti misalnya kapur barus, ketika helm tak digunakan. Namun, hati-hati memilih jenis pengharum untuk itu. Jika menggunakan minyak wangi, maka pilih yang mengandung kadar alkohol rendah. Bila terpaksa memakai pewangi beralkohol tinggi, usahakan saat menggunakannya dalam jumlah sedikit. Karena busa helm cepat kering dan kisut bila sering terkena alkohol.

3 hal yang dihindari

a. menggantungkan helm Anda di kaca spion, lampu sen atau stang motor. Cara-cara ini akan merusak inner liner helm. Beberapa pabrikan helm malah merekomendasi untuk tidak membawa helm cadangan ketika Anda berpergian, kecuali ditempatkan dengan benar atau ada yang memakainya. Menempatkan helm dekat dengan blok mesin atau knalpot akan menyusutkan inner liner.

b. menyimpan di tempat lembap, Anda bisa menyimpannya di tempat bebas debu dan tidak mudah terkena matahari secara langsung. Jangan pernah menaruh helm pada lingkungan lembap karena akan menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuka seluruh ventilasi dan kaca helmya.

c. Sering jatuh atau terbentur. helm adalah benda yang kokoh dan kuat. Tapi bukan berarti Anda bisa memperlakukannya dengan kasar. Anda justru disarankan memperlakukannya ekstra hati-hati. Jangan sampai helm Anda terjatuh atau terbentur karena akan mengurangi kemampuannya menahan benturan.

Semoga bermanfaat.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.