Tips 3/3: Cuci piring dengan sempurna


3/3
Mencuci peralatan makan dengan tangan, sepertinya pekerjaan yang mudah. Tapi sebenarnya butuh ketelatenan agar piring, gelas, baskom atau peralatan makan lainnya bisa bersih sempurna. Bujang Dare mungkin pernah mendapati piring yang tampaknya bersih, masih terasa licin karena sisa lemak dan minyak yang masih menempel. Kadang masih tercium bau amis, dan bahkan ada sisa deterjen yang bisa menempel pada makanan. Agar cucian piring Bujang Dare bersih sempurna, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan.

a. Sortir Piring-piring

Pisahkan peralatan makan kotor berdasarkan fungsinya. Singkirkan semua kotoran atau sisa makanan dari piring atau gelas. Cara ini akan mencegah lubang wastafel tersumbat, atau agar air tetap bersih bila Bujang Dare mencucinya dengan ember besar. Biasanya peralatan makan terbagi atas gelas, cangkir, piring makan utama, piring dessert, sendok-garpu-pisau, kaserol dan panci. Kelompokkan jenis peralatan yang sama untuk memudahkan pencucian.

b. Melarutkan deterjen dengan air panas

Anda tentunya tidak mau piring atau gelas meninggalkan bau deterjen yang bisa menempel pada makanan. Untuk mencegahnya, larutkan cairan deterjen dengan air panas. Cara ini akan membuat deterjen lebih mudah dibersihkan saat membilas. Pilihan lain, gunakan larutan pencuci piring yang mengandung jeruk nipis. Buah ini memiliki kemampuan membersihkan dengan maksimal dan meninggalkan aroma yang menyegarkan serta menghilangkan bau amis.

c. Direndam sebelum dicuci

Untuk panci, kaserol dan penggorengan, sebaiknya direndam dulu sebelum pencucian. Air akan membuat sisa makanan yang menempel pada peralatan masak melunak dan lebih mudah dibersihkan.

3 hal yang dihindari

a. Penggosok berbahan metal/logam

Peralatan masak selalu meninggalkan noda dan sisa makanan yang sulit dibersihkan. Tapi jangan menggosoknya dengan sikat atau pembersih yang terbuat dari metal, karena akan merusak lapisan anti lengket pada panci atau wajan. Gunakan spons dengan bagian permukaan yang kasar untuk membersihkannya. Sabut atau spons metal bisa Bujang Dare gunakan untuk membersihkan wadah hidangan makanan dari kaca. Bujang Dare juga bisa menggunakannya untuk wadah makanan yang terbuat dari metal.

b. Tidak disimpan dalam rak

Setelah semua peralatan bersih dan kering, segera tempatkan di rak atau lemari penyimpan perabotan. Jangan biarkan terlalu lama dekat tempat cuci piring karena bisa membuat kuman-kuman kembali menempel pada permukaan gelas atau piring.

c. Tempat pencucian ditinggalkan dalam keadaan kotor

Buang air dari ember, baskom atau wastafel bekas mencuci, lalu keringkan permukaannya dengan lap bersih. Periksa apakah ada sisa kotoran di bawah wastafel. Jika ada, segera bersihkan dan buang. Gunakan cairan desinfektan secara berkala di lubang wastafel, untuk mencegah minyak dan lemak yang terkumpul di bawah lubang wastafel.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.