Tips 3/3: Cara menyimpan obat-obatan




Hari ini Lisa akan berbagi info tentang cara menyimpan obat-obatan di rumah Bujang Dare dengan baik dan benar agar menjamin keamanan pemakaian obat-obatan dan membantu menjaga kondisi obat-obatan agar tetap baik atau tidak rusak. Ini dia 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare lakukan untuk menyimpan obat-obatan di rumah.

  1. Wajib mengikuti petunjuk penyimpanan pada label kemasan obat yang biasanya tertera pada kemasan. Apakah obat disimpan dalam wadah tertutup pada suhu kamar atau harus dijauhkan dari panas, lembab, maupun cahaya langsung, atau bahkan harus dibekukan atau ditaruh dalam lemari pendingin. Hal ini perlu Bujang Dare lakukan untuk mengetahui perlakuan yang tepat agar kualitas obat terjaga.
  2. Jika Bujang dare menggunakan pill organizer, pastikan semua obat dapat mudah diidentifikasi. Pill organizer, pill container, atau kotak khusus pil digunakan untuk menyimpan obat sesuai dengan dosis yang dijadwalkan bagi seseorang agar terhindar dari resiko kesalahan penggunaan obat oleh pasien. Namun penggunaannya tetap harus teliti ya Bujang Dare.
  3. Simpan obat dalam wadah asli dengan tutup yang tertutup rapat. Bagaimana pun juga wadah asli obat yang berasal dari pabrik sudah didesain sedemikian rupa untuk dapat menyimpan obat agar tetap dalam kualitas baik.

Ada 3 hal umum yang mungkin tanpa Bujang Dare sadari sering tidak diperhatikan namun berdampak cukup membahayakan saat menyimpan obat-obatan di rumah. So, 3 hal ini perlu Bujang Dare hindari yaitu:

  1. Masih menyimpan obat-obatan kadaluarsa. Sebaiknya Bujang Dare tidak lagi menyimpan obat yang sudah kadaluwarsa atau obat yang sudah tidak diperlukan lagi. Sesekali ceklah lemari penyimpan obat secara berkala untuk melacak obat-obatan yang sudah kadaluwarsa. Sisa obat-obatan yang diperoleh dengan resep dokter jika sudah tidak diperlukan lagi/ sebaiknya juga dibuang untuk mencegah resiko keracunan obat.
  2. Meninggalkan obat di kamar mandi, mobil, atau di tempat yang lembab dan terlalu panas. Suhu dapat memberikan reaksi tertentu pada obat. Bujang Dare perlu memeriksa label obat untuk tahu pada suhu berapa obat itu harus disimpan. Jangan menaruh obat dalam lemari pendinginin jika pada label kemasan obat tidak tertulis demikian.
  3. Disimpan dekat jangkauan anak. Dengan menyimpan obat jauh dari jangkauan anak-anak sangat Bujang Dare dapat menghindarkan beberapa hal yang tidak diinginkan seperti: kesalahan penggunaan obat dewasa yang digunakan pada anak, kasus obat tertelan pada anak karena anak ingin coba-coba dan penggunaan obat yang memang diindikasikan untuk anak, namun karena berada dekat dalam jangkauan anak sehingga terjadi kesalahan dosis.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.