Tips 3/3: Merawat selimut





Hujan yang sering mengguyur Pontianak, kota kita tercinta ini, membuat kita jadi akrab sana sebuah benda yang bernama selimut ya. Bawaannya kalau sudah hujan, dingin, maunya selimutan terus. Tapi Bujang Dare tahu tidak cara merawat selimut kesayangan agar tetap awet dan nyaman digunakan? Nah 3 atau 3 akan bahas hal ini. Simak 3 hal yang dianjurkan untuk Bujang Dare lakukan saat merawat selimut:

  1. Selimut tetap akan bagus meskipun dicuci ratusan kali, apabila pencuciannya normal, soft, dan tidak memakai dry cleaning. Dengan cara ini selimut akan bertahan dalam kondisi tetap bagus 3-5 tahun. Bahkan bisa lebih dari 5 tahun kalau mencucinya dengan cara di kucek halus manual.
  2. Kebanyakan selimut zaman sekarang bersifat non elektrostatik sehingga debu yang menempel pada selimut tidak akan terikat erat pada permukaan selimut dan hanya menempel ringan. Jadi untuk mencucinya gampang sekali. Cukup direndam dalam air dingin dengan deterjen yang biasa dipakai untuk mencuci baju sehari-hari, biarkan selama 30 menit setelah itu kucek ringan bagian demi bagian permukaan selimut dan bilas hingga bersih.
  3. Boleh-boleh saja Bujang Dare mencuci selimut dengan mesin cuci, dan pilih mode pencuciannya soft. Lakukan 2 minggu sekali jika selimut Bujang Dare sering dipakai dan tidak terlalu kotor.

Kalau itu tadi Lisa sudah kasih tahu 3 hal yang boleh Bujang Dare lakukan ketika merawat selimut kesayangan, bagaimana dengan 3 hal yang tidak boleh ya? Simak 3 hal yang tidak dianjurkan berikut ini:

  1. Dry cleaning. Proses pencucian dry cleaning yang menggunakan bahan kimia untuk membersihkan permukaan selimut akan membuat bulu-bulu cepat rusak. Pastikan selimut Bujang Dare dicuci dengan air normal di laundry langganan agar tak cepat rusak.
  2. Menyikatnya terlalu keras jika Bujang Dare mencuci sendiri selimut. Selimut bisa rusak dan bulu-bulunya lepas. Jika tidak terlalu kotor, rendam saja sejenak dan kucek ringan.
  3. Menumpuk begitu saja selimut dalam lemari. Jika menyimpan selimut di dalam lemari dalam jangka waktu lama, jangan lupa untuk menaruh selimutnya di dalam plastik terlebih dahulu. Setiap sebulan sekali angin-anginkan selimut yang disimpan agar tidak berbau apek.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

4 Responses to Tips 3/3: Merawat selimut

Sprei Kintakun said...

Gampang ya ternyata, tapi saya cukup malas kalau disuruh nyuci selimut sendiri. karna selain selimutnya tebal saya juga nggak bakal kuat untuk memerasnya, jadi alternatif terakhir saya bawa ke laundry dech :d

balebale said...

mb izin share ya.. :)
Di upload di http://facebook.com/spreibalebale.

Terima kasih.

Jogja Sleeping Bag said...

penting banget .. catet ahh

Pupuk Pembesar Umbi Wortel said...

nice, thanks for sharing :)

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.