Tips 3/3: Membuat taman rumah




3 atau 3 akan berbagi tips sedikit tentang membuat taman di sekitar rumah Bujang Dare untuk menghadirkan keindahan bagi lingkungan rumah. Tak perlu tenaga ahli untuk membuat taman sederhana di rumah sendiri. Perencanaan desain taman bisa dilakukan sendiri, tapi Bujang Dare mesti tahu apa yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk dilakukan, dong, pastinya. Ini dia  3 hal yang dianjurkan bagi Bujang Dare yang ingin punya taman di rumah.

  1. Yang pertama adalah tema taman. Pilihlah tema taman yang sesuai dengan keinginan terlebih dulu. Misalnya Bujang Dare bisa memilih tema taman gaya Bali, taman gaya tropis, taman gaya minimalis atau taman dengan gaya modern. Pertimbangkan juga situasi dan kondisi lahan yang Bujang Dare punya.
  2. Tata Letak tanaman mempengaruhi keindahan dalam merancang taman. Selalu perhatikan komposisi tanaman yang akan Bujang Dare pilih seperti rumput yang akan ditanam, bagaimana tanaman penutupnya, perdu, tanaman air dan pepohonannya. Pohon harus diletakkan sebagai background di area paling belakang taman. Perdu dan semak diletakkan di area tengah dan terakhir tanaman penutup atau groundcovers dan rumput diletakkan di area depan taman Bujang Dare.
  3. Pengolahan media tanam. Pengolahan yang baik adalah dengan mencampurkan tanah humus dan pupuk yang sangat berperan bagi kelangsungan hidup tanaman. Penyiraman yang baik juga harus Bujang Dare perhatikan terutama pada pagi dan sore hari. Untuk penyiraman, jika Bujang Dare memiliki dana lebih, Bujang Dare bisa membeli sprinkler atau alat penyiram air otomatis yang dapat disetting sesuai keinginan.

Punya taman sendiri di rumah, sudah pasti akan menambah keindahan hunian Bujang Dare. Udara pun jadi terasa segar. Jika tadi Bujang Dare sudah tahu  hal yang dianjurkan, juga perlu tahu 3 hal yang sebaiknya dihindari:


  1. Melupakan drainase. Tanpa drainase, kebun atau taman Bujang Dare bisa kebanjiran di kala musim hujan datang. Pada dasarnya drainase berfungsi untuk mengatur aliran air yang sudah tidak terpakai dan dialihkan ke pembuangan riol atau got. Alternatif lain pembuatan drainase adalah dengan membuat lubang biopori.
  2. Tidak cukup ahli, tetapi memilih tanaman yang membutuhkan perawatan yang sulit. Pilihlah tanaman yang tidak sulit dirawat. Tanaman jenis ini akan tumbuh dengan baik walau tanpa pupuk dan tidak harus dipangkas setiap 2 minggu, juga tidak mudah terkena penyakit dan hanya memerlukan air untuk pertumbuhannya.
  3. Lupa juga menanam tanaman yang bisa mengurangi (polusi) seperti asap rokok. Pedang-pedangan, Katis Kodok, atau jenis tanaman sukulen lainnya cocok ditanam di pekarangan Bujang dare sehingga udara semakin sejuk dan bersih. Tanaman ini pun cukup efektif fungsinya apabila diletakkan di dalam rumah.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.