Tips 3/3: Saat terjadi kebakaran


Bujang Dare pasti sudah tahu pepatah "kecil jadi kawan, besar jadi lawan", bukan?

Pepatah ini digunakan untuk mengingatkan kita akan bahaya sekaligus manfaat api Bujang Dare. Namun api yang kecil tidak selalu menjadi kawan, dan sebaliknya api yang besar juga tidak selalu menjadi lawan bagi kita Bujang Dare. Semua tergantung bagaimana kita bisa mengolah dan mengatur sehingga baik besar maupun kecilnya api dapat lebih banyak manfaat yang dihadirkan. Tapi kadang musibah tidak dapat ditolak, sehingga Bujang Dare perlu tahu apa yang boleh dan tidak boleh Bujang Dare lakukan jika terjadi kebakaran di 3 atau 3 hari ini.


Ini dia 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare lakukan jika terjadi kebakaran pada rumah atau gedung yang ditempati :
  1. Tetap tenang saat menghadapi kebakaran. Jika kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, segera padamkan dengan alat pemadam yang ada seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau dengan karung goni yang dibasahi air. Berjalanlah dengan tenang, jangan lari, perhatian penuh dan tidak panik.
  2. Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik segera matikan listrik di rumah atau gedung. Tutup ruangan yang terjadi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, untuk memudahkan jika akan memadamkan kobaran api.
  3. Jika kebakaran besar, segera keluar rumah dan ajak semua keluarga meninggalkan rumah segera. Jangan sibukkan diri untuk mengumpulkan barang di dalam rumah. Jika perlu lakukan latihan evakuasi jika terjadi kebaran agar upaya penyelamatan dapat berjalan lebih cepat.

Yang sebaiknya Bujang Dare tidak lakukan saat kebakaran terjadi:
  1. Meletakkan surat berharga dalam satu tempat yang sulit dijangkau. Ada baiknya kita meletakkan atau menyimpan dokumen berharga seperti Ijazah pendidikan seluruh keluarga, surat-surat tanah dan rumah, SK pekerjaan (PNS), BPKB kendaraan bermotor, akta kelahiran seluruh keluarga dan lain-lain pada satu wadah dan satu tempat yang mudah dibawa atau ditemukan anggota keluarga.
  2. Mengabaikan sambungan listrik Bujang Dare. Mengeluarkan rupiah untuk membuat instalasi listrik yang benar dan aman akan lebih baik dari pada harus kehilangan aset yang nilainya jauh lebih besar karena kebakaran. Selain itu biasakan untuk tidak menumpuk sambungan yang dapat mengakibatkan terjadinya beban berlebih kepada kabel sehingga kabel akan mudah panas dan terbakar.
  3. Jika menemukan asap tebal dijalan atau suatu ruangan, hindari jangan sampai menghirup asap, misalnya dengan cara merangkak dan bernafas dengan mendekatkan muka ke lantai, gunakan kain basah sebagai penutup hidung, hal ini akan membantu untuk bernafas.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.