Tips 3/3: Mengatasi gatal-gatal




Gatal di kulit memang menyebalkan ya. Sangat menggangu apalagi jika Bujang Dare punya aktivitas seabrek. Ditambah lagi, bekas gatal yang mengganggu penampilan Bujang Dare. Ini dia yang akan Lisa bahas di 3 atau 3 hari ini, tentang 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare lakukan dan 3 hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada saat gatal-gatal menyerang kulit:
  1. Pakailah krim kulit atau lotion beberapa kali dalam sehari di tangan/ siku atau daerah-daerah lain yang rawan gatal. Krim yang banyak mengandung petroleum sangat efisien untuk kulit Bujang Dare yang sensitif gatal. Pakailah pelembab atau lotion sehabis Bujang Dare mandi, saat tidur dan di pagi hari sehingga kulit Bujang Dare tidak kering dan berpotensi sebagai sarang kuman penyebab gatal.
  2. Jika penyebab gatal adalah gigitan serangga juga sengatan lebah, semangkuk kecil baking soda yang dicampurkan ke dalam bak mandi berisi air hangat dapat membantu mengurangi. Berendamlah di dalamnya sekitar 30-60 menit. Bisa juga dengan mencampurkan tiga bagian baking soda dengan satu bagian air, lalu dioleskan pada area yang gatal. Namun, jangan lakukan hal ini jika kulit Bujang Dare terluka.
  3. Mandi susu. Untuk kulit yang mudah gatal karena kering, Bujang Dare bisa coba metode mandi susu. Tidak perlu ke salon mahal, karena bisa dilakukan di rumah. Campurkan susu evaporasi atau susu yang sudah dikurangi kadar airnya dan gunakan untuk mandi dengan air hangat dalam bak berendam. Susu bekerja cukup baik untuk mengusir gatal di kulit dan membuat kulit Bujang Dare lebih halus.

Jika tadi Bujang Dare sudah tahu tentang 3 hal yang dianjurkan saat gatal-gatal menyerang kulit, Bujang Dare juga patut tahu tentang 3 hal yang sebaiknya dihindari, karena bisa memperparah gatal-gatal:
  1. Terlalu berlebihan menggunakan sabun apalagi sabun deodorant karena akan sangat keras terhadap kulit Bujang Dare. Sebagai gantinya pakailah sabun yang banyak mengandung pelembab atau esens tumbuh-tumbuhan yang sangat baik untuk meregenereasi sel kulit yang rusak karena gatal dengan segera.
  2. Memakai produk-produk yang beraroma keras, mengandung parfum, apalagi alkohol, karena tidak baik untuk kulit gatal-gatal Lindungi dan selalu bersihkan dengan pembersih khusus atau kompres dengan air dingin.
  3. Membiarkan air sisa mandi tertinggal di badan Bujang Dare. Hindari juga kontak langsung tangan dalam air panas atau air pencuci yang mengandung deterjen dalam jumlah banyak. Untuk menyentuh zat-zat kimia, baik tangan maupun tubuh harus benar-benar dilindungi.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.