Tips 3/3: Merawat tanaman hias dalam wadah



Jika Bujang Dare ingin tahu tentang 3 hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam keadaan tertentu/ tepat banget kalau mendengarkan 3 atau 3 di Kericau Pagi, atau baca blog ini. Hari ini Lisa membahas soal merawat bunga hias dalam pot atau vas di ruangan. Agar bunga hiasnya tetap segar, apa yang bisa Bujang Dare lakukan?

  1. Pilihlah pot tanaman dan media tumbuh yang sesuai dengan tanaman yang akan kita potkan. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan. Jika bunga ingin ditanam dalam pot, masukkan tanah dan pupuk secukupnya agar tanaman tumbuh dan berbunga. Sedangkan vas bunga hanya diisi air bersih untuk merendam bunga.
  2. Bila pot dan media yg telah disiapkan tersedia, pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian pot. Masukkan tanaman dan usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada agar tanaman tidak mengalami stres saat beradaptasi dengan media yang baru.
  3. Dan yang yang tak kalah penting juga adalah cara penyiraman bunga. Untuk bunga hias sendiri, akan lebih bagus jika menyiramnya dengan air hangat. Sementara untuk bunga dalam vas potonglah  ujung batang tanaman sampai runcing agar air dapat meresap dengan mudah melalui batang.

Menaruh bunga hias dalam pot maupun vas bunga di dalam ruangan, selain untuk menambah keindahan, juga dapat membuat pikiran jadi tenang dan mengurangi stres akibat tekanan kerja dan kesibukan. Setelah Bujang Dare sebelaumnya mengetahui 3 hal yang dianjurkan ketika merawat bunga di dalam ruangan agar tetap indah dan tak lekas layu, sekarang Lisa akan infokan lagi 3 hal umum yang tidak boleh dilakukan ketika merawat bunga hias baik di dalam pot maupun vas bunga:

  1. Membiarkan bunga hias yang biasanya ditaruh dalam vas berisi air kena panas atau sinar matahari secara langsung, bunga jadi cepat layu atau mati. Sinar matahari yang bagus untuk tanaman bunga yaitu antara pukul 7 pagi sampai 11 siang. Setelah jam tersebut, bunga sebaiknya dipindahkan ke tempat yang lebih teduh.
  2. Mengisi pot dengan tanah sampai penuh. Sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah waktu melakukan penyiraman.
  3. Membiarkan daun menyentuh permukaan air dalam vas bunga. Pindahkan letak daun apabila menyentuh permukaan air yang ada dalam vas bunga untuk menghindari berkembangnya bakteri dalam vas sekaligus menghindari busuknya daun-daun bunga hias kesayangan Bujang Dare.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.