Tips 3/3: Mengelola stres




Hari ini, 3 atau 3 membahas soal stress berlebihan. Bujang Dare, sebagai manusia normal, aktivitas,  masalah juga kesibukan bisa jadi pemicu stres. Tidak ada yang salah dengan stres selama Bujang Dare bisa mengelolanya, Intip 3 hal yang dianjurkan untuk Bujang Dare agar lebih tepat dalam mengelola stres:

  1. Sekalipun sulit, bersyukurlah bila Bujang Dare tidak mencapai hal yang diinginkan. Selalu ada sesuatu hikmah di balik setiap peristiwa. Kegagalanpun bisa menjadi pelajaran di masa-masa mendatang dan jadi berkat bagi orang lain. Setiap kegagalan selalu menyimpan hal yang baik, Bujang Dare. Ada yang tidak kita ketahui di balik kegagalan yang terjadi dalam hidup kita. Jadi, bersyukurlah.
  2. Sisihkanlah untuk berolah raga. Banyak yang memberi nasihat bahwa olah raga yang teratur akan mencegah stres yang berlebihan. Bujang Dare bisa berjalan-jalan, lari atau melakukan olahraga lainnya secara teratur.
  3. Buatlah sasaran yang realistis. Banyak orang membuat sasaran pribadi yang terlalu jauh tanpa memikirkan potensi dan fasilitas. Usahakanlah agar Bujang Dare tidak termasuk orang yang demikian. Bila Bujang Dare mempunyai kemampuan, bakat dan keuangan yang baik, tetaplah menggunakan akal sehat untuk mencapai sasaran pribadi. Seperti kata sebuah nasihat, "Janganlah memikirkan melebihi dari apa yang sepatutnya kamu pikirkan."

Sebagai manusia wajar kalau Bujang Dare menghadapi yang namanya stres. Nih, Lisa kasih bocoran 3 hal yang harus dihindari dalam mengelola stres.

  1. Terlalu mengandalkan diri sendiri. Banyak dari kita berpikir bahwa kita dapat mengatur hidup kita dan mencapai rencana-rencana kita tanpa pertolongan Tuhan. Akhirnya kita lupa bahwa berhasil tidaknya rencana-rencana kita ada ditangan-Nya. Kita mengabaikan eksistensi-Nya. So, pahamilah bahwa rencana-rencana sebaik apapun yang Bujang Dare buat hanya Tuhanlah yang menentukan hasil akhirnya, dan Tuhan pula yang tahu hal terbaik untuk Bujang Dare.
  2. Terlalu percaya diri. Ingat Bujang Dare, bahwasanya kita tidak selalu bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Sekalipun pintar, kaya, selalu sukses di masa lalu, kita bisa saja jatuh, dan bisa saja gagal sebaik apapun usaha yang dilakukan. Buntutnya, Bujang Dare bisa mengalami stres berlebihan. Menghindari sikap terlalu percaya diri adalah salah satu teknik mencegah stres yang berlebihan.
  3. Membandingkan diri dengan orang lain. Kita sering membandingkan diri kira dengan orang lain. Kita merasa lebih pintar atau lebih hebat dari orang lain, tapi pada faktanya orang lain lebih berhasil dari kita. Bisa juga kita merasa tidak pintar sehingga membuat kita menjadi minder. Singkirkanlah pikiran-pikiran seperti ini. Bila orang lain lebih berhasil, itu tidak semata-mata karena ia lebih pintar atau lebih hebat dari Bujang Dare. Ada banyak faktor yang membuat orang kelihatan lebih berhasil dari yang lain.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.