Tips 3/3: Mencegah kantuk saat tugas menumpuk





Pagi Bujang Dare! Hari ini Lisa akan berbagi info tentang mencegah kantuk saat tugas menumpuk. Mengantuk di saat yang tidak tepat, bisa membuat kita bad mood apalagi disaat tugas menumpuk. So, apa yang harus Bujang Dare lakukan ketika hal ini terjadi? Lakukan 3 hal  yang dianjurkan ini:

  1. Pertama, gerakkan tubuh! Tubuh yang kaku dan selalu pada posisi yang terpaku selama beberapa waktu akan membuat peredaran darah menjadi kurang lancar. Hasilnya kantuk pun menyerang. Cobalah bergerak ringan, seperti menggerakkan tubuh, lengan, kaki dan kepala. Begitu tubuh bergerak, peredaran darahpun akan kembali lancer dan badan menjadi segar.
  2. Kedua,  silakan mengemil asal bujang dare tahu batasannya. Pilihlah kudapan yang kaya protein dan karbohidrat serta rendah lemak misalnya biskuit gandum. Kudapan yang sejenis ini sangat dianjurkan dibanding mengemil jenis-jenis cake atau coklat.
  3. Dan yang ketiga, tidur yang cukup. Faktanya tidur yang cukup selain sangat baik untuk kesehatan dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit, juga baik untuk melawan kantuk di saat yang gak tepat karena tubuh tidak akan cepat lelah. Bujang Dare dianjurkan untuk tidur 7-8 jam sehari.


Ketika tugas menumpuk, mencegah kantuk datang itu mungkin. Ini dia 3 hal umum yang sebaiknya tidak Bujang Dare lakukan:

  1. Membiarkan perut kosong. Perut kosong bisa jadi salah satu pemicu kantuk. Karena itu Bujang Dare harus membiasakan diri untuk sarapan sebelum beraktivitas. Sarapan dengan menu yang tepat akan membuat tubuh jadi segar sepanjang hari dan membantu meningkatkan konsentrasi.
  2. Ada sebagian orang yang karena tertekan dengan tugas yang menumpuk, malah makan banyak. Hindarilah mengkonsumsi makanan berat yang membuat perut bekerja dengan sangat keras. Makanan yang berat hanya akan menjadikan tubuh bekerja keras pada saat mencerna dan akan banyak mengeluarkan energi. Akibatnya badan akan gampang lelah dan mengantuk.Pilihlah makanan yang kaya serat dan ringan.
  3. Karena berniat ingin bergadang mengerjakan tugas, memilih makan banyak agar tak masuk angin. Sebaiknya jangan makan kekenyangan. Sama seperti membiarkan perut kosong, mengisi perut dengan berlebihan juga punya dampak yang kurang bagus dan sama-sama jadi pemicu datangnya kantuk. Makan secukupnya dan bila masih lapar juga, konsumsilah buah-buahan. Ini akan membantu tubuh agar tidak kelelahan dalam memproses makanam yang masuk ke dalam tubuh.

Langkah-langkah di atas mudah diterapkan, bukan? Selamat mengerjakan tugas!




Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @lisaragih

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.