Tips 3/3: Merawat baterai ponsel




Sudah bukan hal aneh lagi ada orang yang membawa-bawa ponsel hingga 3 buah di sakunya. Ada yang sekedar gaya-gayaan, ada pula karena alasan agar ada cadangan jika ponsel lainnya mati. Ya, makin canggih suatu ponsel, biasanya konsumsi baterainya pun rakus. Sementara tak selamanya kita sempat untuk mengisi ulang baterai, apalagi di tempat umum.

Sepertinya memiliki baterai cadangan jadi satu-satunya solusi ya? Sebenarnya tidak juga, ada beberapa langkah yang bisa Bujang Dare lakukan untuk merawat baterai ponsel kesayangan supaya lebih awet. Simak 3 hal yang dianjurkan:

  1. Matikan ponsel. Sewaktu Bujang Dare berada di tempat/lokasi yang sulit mendapatkan sinyal, lebih baik matikan saja ponsel, karena ponsel bekerja dan menggunakan energi lebih banyak saat mencari-cari sinyal terus menerus.
  2. Gunakan repeater.
  3. Penggunaan repeater di lokasi yang langka sinyal dapat membantu penghematan penggunaan energi baterai anda.
  4. Matikan fitur. Minimalisasi aktifnya fitur-fitur yang sedang tidak digunakan seperti ringtone atau getar. Pilih salah satu dalam penggunaannya saja ya Bujang Dare. Mengaktifkan ringtone dan nada getar dalam waktu bersamaan lebih banyak memakan energi baterai. Aktivitas aplikasi berat seperti sunting foto di dalam ponsel, menyalakan mp3 player terus-menerus dan melakukan panggilan video call juga akan menggerus energi baterai.


Bujang Dare sudah simak 3 hal yang dianjurkan dalam merawat baterai handphone. Lisa akan kasih tahu 3 yang cukup membahayakan keawetan baterai ponsel Bujang Dare:

  1. Bluetooth dan infra merah selalu dalam keadaan aktf walaupun tidak digunakan. Matikan bluetooth saat tidak sedang digunakan. Bluetooth  dan infra merah jika aktif namun tidak digunakan hanya akan membuang energi baterai ponsel sia-sia. 
  2. Meletakkan ponsel sembarangan tempat. Letakkan ponsel di tempat yang temperaturnya normal. Hindari kerusakan dari temperatur tempat penyimpanan yang panas seperti di dashboard mobil, di atas televisi, atau di atas CPU yang punya dampak buruk juga untuk baterai.
  3. Meninggalkan ponsel tersambung dengan charger melebih waktu yang dibutuhkan. Jangan biarkan handphone di-charging terus menerus apalagi ditinggal tidur. Cabut segera ponsel dari charger-nya jika sudah penuh.




Foto: sumber

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.