Tips 3/3: Mengatasi rasa takut





Bujang Dare pernah merasa takut? Jika jawabannya pernah, itu sangat-sangat wajar. Setiap orang pasti punya rasa takut, tapi kadarnya berbeda antara seorang dengan yang lainnya. Jika takut yang Bujang Dare rasakan berlebihan dan menguasai hidup Bujang Dare, itu yang tidak sehat. Kadang kala ketakutan yang tidak rasional bisa merugikan. Dari banyak hal yang dapat Bujang Dare lakukan untuk mengatasi rasa takut, Lisa akan kasih tahu 3 diantaranya yang dianjurkan:

  1. Langkah pertama untuk mengatasi rasa takut adalah cari dulu penyebab sebenarnya. Apa sih yang membuat Bujang Dare takut? Dengan menyadari apa yang menyebabkan ketakutan Bujang Dare akan dapat mengurangi kadar rasa takut itu dengan sendirinya. Cobalah berdialog dengan diri sendiri untuk mencoba mengatasinya.
  2. Cobalah relaksasi yang ternyata akan membantu meningkatkan keyakinan Bujang Dare untuk dapat memerangi ketakutan dalam diri sendiri sambil membangun rasa percaya diri. Semakin percaya diri, rasa takut yang menguasai pikiran juga akan berkurang.
  3. Bacalah artikel yang inspiratif daripada membayangkan hal-hal horor atau terror. Bujang Dare bisa memilih buku-buku agama, spiritual, movitasi, atau apapun yang akan menghangatkan hati dan membuka pikiran menjadi tenang dan positif.

Tadi Bujang Dare sudah simak 3 hal yang dianjurkan, ada 3 hal yang patut Bujang Dare hindari:

  1. Menyerah pada ketakutan yang Bujang Dare hadapi. Bila takut akan sesuatu, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah menghadapinya dan bukan menyerah pada keadaan.
  2. Terus mengingat-ingat hal yang menakutkan. Jangan biarkan mental yang mengendalikan Anda/ Bujang Dare. Hal ini sebenarnya sederhana sekali seperti belajar mengendalikan pikiran untuk menghindari rasa takut. Bila mulai merasa takut, lakukanlah sesuatu untuk mengalihkan perhatian dan hentikan perasaan yang membuat takut.
  3. Diam saja. Ubahlah ketakutan yang ada. Kalau Bujang Dare hanya diam, tentu gak akan menghasilkan apa-apa. Jadi akui saja apa yang membuat Bujang Dare takut, setelah itu ubah rasa takut itu dengan mencari tahu cara menghadapinya.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.