Tips 3/3: Mengurangi kadar lemak dalam masakan




Pada saat hari raya atau hari besar lainnya, kita sering kali menyajikan atau disajikan makanan yang berlemak namun menggoda karena rasanya sulit untuk ditolak Untuk Bujang Dare yang ingin menikmati dan memasak masakan yang berlemak, mungkin 3 hal yang dianjurkan ini bisa Bujang Dare coba untuk mengurangi kadar lemak dalam masakan:
  1. Gunakan peralatan masak antilengket. Peralatan masak biasa membutuhkan lebih banyak minyak untuk menumis dan menggoreng. Dengan penggunaan peralatan antilengket Bujang Dare bisa menggunakan minyak rendah lemak atau minyak dalam jumlah yang lebih sedikit.
  2. Gunakanlah kantong kertas. Jika Bujang Dare suka menyantap kentang goreng buatan sendiri, tapi tak suka akan kalori ekstranya? Coba saja cara ini; setelah selesai menggoreng, masukkan kentang goreng ke dalam kantong kertas dan kocok. Minyak akan terlihat menempel pada kantong kertas tersebut, karena kantong kertas telah menyerap minyak berlebihan pada kentang.
  3. Memanggang makanan. Makanan yang dipanggang memiliki lemak jauh lebih sedikit dibanding dengan makanan yang digoreng. Apalagi jika Bujang Dare memanggang makanan tersebut dalam keadaan menggantung. Bujang Dare bisa melihat minyak yang berlebih akan menetes ke loyang yang disediakan di bawahnya.

Kita lanjut lagi 3 atau 3 kali ini yang sedang membahas tentang 3 hal yang boleh Bujang Dare lakukan dan 3 hal yang tak boleh Bujang dare lakukan untuk mengurangi kadar lemak dalam masakan. Kita cek 3 hal yang sebaiknya tidak  Bujang Dare lakukan:
  1. Terlalu patuh pada resep. Tidak semua aturan resep harus dituruti. Jika memungkinkan, pakailah lebih sedikit lemak. Jika di dalam resep disebutkan harus memakai 50 gr mentega atau minyak sayur, gunakanlah setengah takaran saja. Untuk menambah rasa enak, gunakan lebih banyak bumbu seperti bawang putih, bawang merah, aneka rempah kering dan segar yang membuat makanan jadi enak tanpa tambahan lemak jenuh.
  2. Memilih daging berlemak karena lebih gurih. Sebaiknya Bujang Dare hindari daging dengan lemak. Olah daging dengan cara memanggang, mengukus dan menumis dengan sedikit minyak. Buanglah lemak dan kulit berlebih yang terlihat pada potongan daging sapi atau ayam. Kentalkan saus dengan larutan tepung maizena sebagai pengganti susu atau krim yang kurang kadar lemaknya.
  3. Demi kepraktisan, memilih makanan kemasan. Katakan tidak pada makanan kemasan. Makanan yang dimasak sendiri rasanya jauh lebih enak dan terjamin sehatnya. Cobalah membuat masakan yang mudah dan praktis. Banyak buku masak memberi panduan untuk masakan yang praktis dan sehat. Memasak lebih singkat, rasanya lebih enak dan biayanya juga lebih sedikit. Bujang Dare pun bisa mengontrol kandungan lemak pada masakan.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @lisaragih



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.