Tips 3/3: Memasak sayuran yang baik dan benar




Bujang Dare membaca blog Volare yang menyajikan informasi Kericau Pagi yang disiarkan setiap pukul 06.30 pagi di Radio Volare, kecuali Sabtu dan Minggu. Ada tips-tips sederhana dan bermanfaat di segmen 3 atau 3. Hari ini 3 atau 3 edisi 3 Januari 2011 akan bahas tentang cara memasak sayuran yang baik dan benar.

Demi kesehatan tubuh, kita selalu disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran terutama sayuran berwarna hijau tua  karena mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Namun akan sangat disayangkan bila salah dalam memasak sayuran hijau tersebut, dan mengakibatkan gizi dan mineral di dalamnya akan menguap sia-sia. Agar sayuran yang kita masak tetap maksimal kandungan gizinya, simak dulu 3 hal yang dianjurkan atau diperbolehkan:

  1. Metode memasak sayuaran yang paling dianjurkan adalah dengan dikukus. Jika sesekali ingin menumis sayuran, pastikan minyak yang digunakan tidak banyak.
  2. Jika kuah sayur yang Bujang Dare masak masih bersisa, kreasikan untuk diolah menjadi sup agar nutrisi dan mineral yang larut dalam air tersebut tetap dapat dimanfaatkan.
  3. Untuk mencuci sayuran, isi baskom atau bak dengan air hangat karena tanah yang menempel di sayuran akan mudah lepas bila dicuci di air hangat. Kalau Bujang Dare ingin menyimpan sayuran hijau, simpanlah tanpa dicuci. Ketika akan digunakan, barulah sayuran tersebut dicuci. Kondisi basah pada sayuran akan membuat sayuran jadi cepat membusuk.
Kita cek 3 hal yang sebaiknya tidak boleh Bujang Dare lakukan:
  1. Dimasak terlalu lama karena nutrisi di dalam sayuran akan terbuang percuma. Patokannya adalah, sayur menjadi lembut bukan malah menjadi lembek dan layu.
  2. Mengupas sayur yang ada kulitnya. Padahal di dalam kulit itulah terdapat kandungan phytochemical paling banyak yang baik untuk tubuh.
  3. Pemanasan berkali-kali. Jika memang terpaksa, satu kali pemanasan adalah yang disarankan. Jika sayuran sering bersentuhan dengan panas, enzim-enzim didalamnya akan hilang. Padahal enzim inilah yang diperlukan tubuh untuk memperlancar proses pencernaan.


@lisaragih

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Memasak sayuran yang baik dan benar

Asep Haryono said...

Wah posting yang sangat menarik hati dan memikat. Bener bener menggugah cita rasa untuk bisa memasak di rumah nih, Makasih ya sudah berbagi.

Asep Haryono
www.pontianakpost.com
www.asepharyono.com
simplyasep.blogspot.com

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.