Tips 3/3: Langkah alami turunkan tekanan darah



Bagi Bujang Dare yang menderita gangguan hipertensi, sering kali perlu mengasup obat secara teratur untuk mengontrol tekanan darah. Tapi beberapa perubahan dalam gaya hidup juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah Bujang Dare. Bahkan pada sebagian orang dapat menghilangkan ketergantungan obat.

Lakukan 3 ini:

  1. Olahraga teratur. Berolahraga atau aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari selama seminggu telah cukup menurunkan tekanan darah. Menurut seorang ahli, bergerak aktif mengurangi tekanan darah 3-5 poin dan perlahan dapat mengurangi penggunaan obat hipertensi mereka. Pilih sesuatu yang Bujang Dare sukai, berjalan, jogging, berenang hingga bersepeda.
  2. Makan pisang. Kebanyakan garam dapat meningkatkan tekanan darah namun kalium mampu mengurangi efek buruk natrium. Sebagian besar penderita hipertensi kekurangan mineral ini. Meningkatkan asupan kalium  per hari bermanfaat bagi para penderita hipertensi. Pisang, kentang panggang dengan kulit, jus jeruk, yogurt tanpa lemak adalah sumber utama kalium.
  3. Yoga dan meditasi. Yoga adalah metode pelepas stress yang efektif mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi dan berkaitan dengan sistem saraf otonom, denyut jantung, pencernaan dan fungsi sebagian besar organ lainnya. Meditasi antara lain pengaturan pernapasan, visualisasi, atau kombinasi dari keduanya yang efektif untuk mengatasi stres.

Hindari 3 ini:

  1. Merokok. Perokok berisiko tinggi hipertensi karena nikotin yang terkandung dalam rokok membuat tekanan darah melonjak penyebab hipertensi kronis. Berhenti merokok membantu menurunkan tekanan darah plus aneka manfaat kesehatan lain tentunya.
  2. Berat badan berlebih. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras yang menyebabkan hipertensi. Sementara kehilangan berat badan mengurangi beban kerja jantung.
  3. Konsumsi alkohol berlebihan. Berbagai studi menyebut, konsumsi lebih dari dua gelas alkohol meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba “3 atau 3” ini ya Bujang Dare!



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Foto: gizmodo.com


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.