Tips 3/3: Merawat CD/DVD




Sebagai pecinta film, tentu pernah ya nonton film dengan DVD player dirumah? Kalau febi suka nih nonton dirumah, soalnya masih bisa diulang-ulang dan ditonton beberapa kali.  Bujang Dare termasuk pecinta film yang punya koleksi DVD film dirumah? Atau pengoleksi CD kaset dari penyanyi favorit? Nah, kalau Bujang Dare suka menonton film favorit dengan DVD atau dengerin lagu lewat CD player, akan febi bagikan tips merawat CD dan DVD berikut ini,

  1. Belilah CD dan DVD yang berkualitas. Sebelum membahas cara merawat CD dan DVD, sebaiknya kita harus memilih CD dan DVD yang berkualitas baik. Jangan asal membeli dengan jumlah banyak dan harga yang murah, biasanya saat menggunakan pertama kali memang masih bagus, tapi kalau kita gunakan sampai beberapa kali, CD dan DVD akan rusak.
  2. Menyimpan CD dan DVD di dalam kotak plastik. Meski kita membeli CD dan DVD yang berkualitas tinggi, tapi tetap beresiko terkena goresan. Jadi, penting untuk menyimpan CD dan DVD secara aman. Sering kita lihat CD musik ataupun DVD film yang dijual, mempunyai kotak sendiri. Nah cara itu digunakan agar CD kita tetap aman. Alternatif lain selain menggunakan kotak, bisa juga menggunakan plastik, alternatif lain bisa juga menggunakan amplop yang berukuran seperti CD. 
  3. Bersihkan pemutar CD dan DVD (Disk Writer). Nah yang terakhir, apalagi kita sudah melakukan hal-hal di atas, tapi CD dan DVD kita masih tetap cepat rusak, kemungkinan besar pada pemutar, CD ROM, DVD ROM atau alat pemutar lainnya. Pemutar CD/DVD kadang-kadang bisa merusak CD/DVD kita, biasanya pemutar kita kotor karena debu. Nah untuk itu sering-seringlah membersihkannya. 

Sudah beli CD/DVD yang berkualitas, sayang rasanya kalau CD/DVD kesayangan rusak, nah Bujang Dare perlu menghindari hal berikut,

  1. Teledor menyimpan. Banyak sekali orang yang teledor menyimpan CD dan DVD mereka, padahal sangat penting untuk ketahanannya. Nah pastikan CD dan DVD kita disimpan yang aman, misalnya menyimpan di rak yang tinggi dan terkunci, jauhkan dari jendela agar tidak terkena sinar matahari, dan jangan simpan di dekat komputer atau laptop karena kalau komputer atau laptopnya kecurian, CD dan DVD tetap aman.
  2. Menulis di atas CD dan DVD. Banyak sekali orang yang memberi label atau menulis di atas CD dan DVD untuk menandai ataupun memberi nama, padahal label ataupun tulisan dapat merusak disk. Label dapat mengganggu keseimbangan berat disk saat diputar, sehingga CD dan DVD mudah tergores. Apalagi kalau menulis, tinta tulisan kita dapat masuk dalam CD dan DVD kita. Sebaiknya kita menandai CD dan DVD dalam kotak atau menulis di kertas dan menyimpan di dalam kotak atau plastik disk.
  3. Lupa membersihkan CD dan DVD. Menjaga kebersihan CD dan DVD merupakan cara yang paling penting untuk merawat disk kita. Biasanya bekas jari dan goresan pada disk akan menyebabkan kerusakan. Ada beberapa cara membersihkan disk kita atau bahkan memperbaiki disk yang rusak, sehingga kita bisa menggunakan kembali. Dengan menggunakan pembersih lap yang halus ataupun kapas.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.