Tips 3/3: Menjaga kulit di berbagai cuaca


Perubahan cuaca yang cukup ekstrim seringkali berdampak buruk bagi kulit. Mulai dari kulit kering hingga keluhan alergi. Pakar dermatologi, dr Jamuan Pai merekomendasikan sejumlah tip untuk menjaga dan merawat kulit tetap sehat di berbagai cuaca, seperti dilansir Times of India, 3 diantaranya adalah:

  1. Banyak minum air dan makan buah. Bersihkan racun dalam tubuh dengan banyak meminum air putih dan makan buah yang mengandung antioksidan tinggi. Konsumsi jus mangga adalah salah satu yang dianjurkan karena memiliki efek mengatasi sel-sel kulit mati.
  2. Istirahat yang cukup, setidaknya dengan tidur sekitar delapan jam per hari. Mereka yang kurang tidur biasanya memiliki kulit yang pucat dan menampilkan wajah lelah. "Lebih buruk lagi, kurang tidur memicu peningkatan kadar kortisol yang menghambat produksi kolagen sehingga merangsang keriput lebih cepat," kata Jyotsna Sahni, MD, ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson.
  3. Lakukan pemijatan menggunakan minyak yang lembut untuk kulit. Selain membantu menghaluskan kulit, pijatan juga memberikan efek relaksasi yang bermanfaat meredam stres.

3 hal ini sebaiknya dihindari untuk menjaga dan merawat kulit tetap sehat:

  1. Mandi menggunakan sabun yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika kulit Bujang Dare kering cari sabun yang mengandung kadar formula pelembab yang tinggi. Lalu, jika kulit  cenderung berminyak cari yang mengandung formula pengontrol produksi minyak.
  2. Tidak berolahraga secara rutin. Selain membantu menjaga kesehatan, olahraga akan memperlancar sistem peredaran darah yang pada akhirnya membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Olahraga teratur juga bisa menjaga kulit lebih kencang.
  3. Tidak menggunakan krim anti sinar ultraviolet, terutama ketika beraktivitas di luar ruang. Untuk wajah, biasakan menggunakan pelembab dan krim malam agar elastisitas kulit wajah terjaga. Mengoleskan pelembab di area lutut dan ketiak juga disarankan.



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Foto: ehow.com

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.