Tips 3/3: Menjaga kebersihan rumah agar tetap sehat



Banyak penyakit yang disebabkan karena kualitas udara yang buruk. Polusi dan alergen paling buruk banyak terdapat di udara bebas luar rumah, tapi polutan dan alergi dari dalam rumah pun banyak macamnya terutama jika kebersihan rumah kurang terjaga. Berikut tips untuk Bujang Dare menjaga rumah menjadi bersih sehingga mencegah beberapa masalah kesehatan.

  1. Bersihkan perabotan rumah sesering mungkin. Terutama, untuk di dapur dan toilet. Bagian rumah lainnya yang paling banyak dilewatkan yaitu debu diatas eternit rumah. Debu dari luar akan masuk dari celah genteng dan mengendap di atas eternit. Jadi bersihkan juga secara bersihkan secara berkala agar tidak mengganggu kesehatan.
  2. Rajin-rajin mengganti sarung bantal dan sprei. Ini gunanya agar terhindar dari tungau, meskipun tungau tidak terlihat tetapi bagi penderita alergi, keberadaan tungau akan sangat mengganggu.
  3. Bersihkan rumah dari jamur. Periksa di setiap sudut rumah, terutama yang lembab dan kurang cahaya. Jika menemukan jamur, segera bersihkan. Jika ada di tembok sebaiknya gunakan cat tembok anti jamur.

Rumah menjadi tempat kita untuk beristirahat dari aktivitas di luar rumah, menjadi tempat berkumpul bersama keluarga, sayang sekali rasanya jika lingkungan di rumah kurang terawat. Ini 3 tips yang perlu Bujang Dare hindari agar rumah tetap sehat dan bersih.

  1. Rokok. 85% penyakit CPOD (penyakit paru obstruktif kronis) disebabkan oleh rokok. Perokok aktif maupun pasif akan sama-sama dirugikan dalam hal kesehatan. Masih sulit menghentikan kebiasaan merokok salah satu keluarga Bujang Dare, sebaiknya sarankan untuk merokok diluar rumah saja.
  2. Pemakaian bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksud ini yaitu pada cairan pembersih, detergen, pemutih pakaian, atau pengharum ruangan sebaiknya tidak dilakukan. Jika ingin udara yang lebih bersih kuncinya bersihkanlah rumah dengan baik, bukan dengan menyembunyikan udara yang tidak bersih dengan pengharum ruangan.
  3. Mengabaikan hewan peliharaan. Untuk yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung, hamster, atau apapun, jangan lupa untuk selalu perhatikan kebersihannya dan jaga agar bau yang mungkin ditimbulkan tidak mengganggu kebersihan udara dalam rumah.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Menjaga kebersihan rumah agar tetap sehat

Obat herbal gagal ginjal said...

Kebersihan merupakan sebagian dari iman,,maka orang yang beriman harus menjaga kebersihan..Betul tidak gan ??

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.