Tips 3/3: Melatih peningkatan memori


Terkadang kita merasa tidak ada masalah dengan memori. Tetapi apakah Bujang Dare masih ingat nama seseorang yang pernah berkenalan beberapa tahun lalu, atau janji pertemuan dengan klien pada hari ini yang baru diagendakan minggu lalu? Bahkan sering Bujang Dare terdiam sebentar hanya untuk mengingat pin ATM saat akan menarik uang dari mesin, atau paling sepele, ketinggalan kacamata! Hayooo....

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih peningkatan memori, seperti di lansir dari Goodhousekeeping.

  1. Fokus. Seorang neuropsikolog menjelaskan bahwa memori kita lebih dapat mengingat informasi yang paling baru. Untuk dapat mengingat, latih dengan memusatkan perhatian dan memfokuskan perhatian terhadap semua hal yang terjadi secara detil.
  2. Mengulang. Jika Bujang Dare merasa lemah dalam ingatan, biasakan untuk mengulangnya. Misalnya menyebut kembali nama kenalan. Untuk kegiatan sehari- hari, Bujang Dare bisa menjadikannya sebagai rutinitas, misalnya setelah masuk rumah biasakan untuk  mengunci pintu kembali. 
  3. Meringkas informasi. Memori otak hanya dapat memproses informasi dalam kapasitas tertentu dalam waktu yang bersamaan. Karenanya, Bujang Dare harus dapat meringkas informasi. Misalnya saat akan belanja bahan dapur untuk sarapan, yaitu roti, selai, margarin dan yang lainnya. Bujang Dare cukup mengingatnya dengan satu kata "roti isi".
Berikut beberapa cara yang dapat dihindari untuk melatih peningkatan memori, seperti di lansir dari Goodhousekeeping.

  1. Tidak tenang. Saat berada dalam situasi cemas, dapat dipastikan jika memori dalam otak otomatis akan menghilang beberapa saat. Sekeras apapun usaha untuk mengingat, hasilnya akan tetap nol. Ketika mengalami hal ini, coba tenangkan diri sejenak dengan menarik nafas dalam untuk menengangkan diri.
  2. Kurang tidur. Studi di Harvard Medical School menunjukkan bahwa ketika orang diberi daftar kata-kata acak untuk menghafal, mereka yang kemudian tidur akan mengingat lebih banyak kata setelahnya dibandingkan mereka yang diuji tanpa kesempatan untuk mengistirahatkan otak.
  3. Asupan makanan yang tidak baik untuk jantung. Ibaratkan makanan adalah motor untuk meningkatkan daya ingat. Jenis makanan yang baik untuk jantung sangat baik untuk otak. Ikan yang mengandung omega 3 atau buah- buahan antioksidan yang juga melindungi sel otak seperti keluarga berry.
Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.