Tips 3/3: Menjaga tulang tetap kuat



Menghindari osteoporosis dapat dengan memperkuat tulang melalui mengonsumsi makanan dan melakukan olahraga. Osteoporosis termasuk salah satu jenis penyakit yang dapat dicegah. Bahkan, dengan mengembangkan dan menerapkan gaya hidup sehat akan membantu menjaga tulang tetap kuat.
Berikut 3 cara yang dapat Bujang Dare lakukan untuk menjaga tulang agar tetap kuat seperti dilansir dari HealthMonitor:
  1. Makan makanan yang sehat. Pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup.
  2. Olahraga menahan beban. Olahraga menahan beban telah terbukti menjadi olahraga yang terbaik untuk tulang. Namun, olahraga tingkat berat seperti aerobik dan berjalan cepat dapat menyebabkan kerusakan fisik dan cedera jika dilakukan secara berlebihan. Berjalan adalah latihan menahan beban terbaik yang dapat dilakukan.
  3. Yoga dan tai chi. Bila melakukan latihan keseimbangan, semua otot, tendon dan ligamen di sekitar sendi menjadi lebih kuat. Kurangnya keseimbangan adalah penyebab umum  patah tulang. Yoga dan tai chi merupakan dua jenis latihan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Berikut 3 hal yang harus Bujang Dare hindari untuk menjaga tulang agar tetap kuat:
  1. Kekurangan asupan kalsium dan vitamin D. Tubuh kehilangan kalsium setiap hari melalui keringat dan urin dan karena itu perlu menggantinya setiap hari karena tubuh kita tidak bisa membuatnya sendiri. Vitamin D juga penting, karena meningkatkan penyerapan kalsium tubuh. 
  2. Tidak memperhatikan obat-obatan yang dikonsumsi. Obat-obatan tertentu meningkatkan risiko patah tulang, sehingga sebaiknya memberi tahu dokter obat apa saja yang sering dikonsumsi. Termasuk penggunaan steroid jangka panjang dan obat-obatan anti kejang. Tanyakan kepada dokter apakah obat pembangun tulang bisa membantu menahan efek merusak dari obat lain.
  3. Kurang melakukan aktivitas fisik. Sebuah studi di Swedia mengungkapkan bahwa wanita di atas 50 tahun yang secara rutin berpartisipasi dalam kegiatan seperti berjalan kaki dengan anjing peliharaannya mengalami patah tulang pinggul lebih sedikit dibandingkan wanita yang kurang aktif. Setiap gerakan yang memberi tekanan pada tulang belakang bagian pinggul, dan tulang lainnya dapat membantu tetap sehat dan kuat.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Foto: elmilo.com

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.