Inilah Gunanya Kerja Tim


Komunikasi di dalam sebuah pekerjaan – tidak hanya di sebuah radio – adalah hal yang sangat menentukan berhasil tidaknya pekerjaan tersebut diselesaikan. Sebuah perusahaan tidak bisa berdiri dengan tegak jika karyawannya bekerja sendiri-sendiri tanpa mengomunikasikan apa yang sebaiknya mereka lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menunggu.

Sudah lebih dari seminggu sejak sebuah kesalahan yang harusnya tidak terjadi. Sebuah program kosong tanpa adanya penyiar yang mengisi. Bahkan operator pun tidak diturunkan untuk mengisinya. Sehingga kekosongan tersebut terjadi sampai 3 jam. Salah siapa jika sudah begini?

Manusia memang tidak luput dari yang namanya kesalahan. Selalu melakukan kesalahan. Tapi orang yang bijaksana tidak akan melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. *berharap kekosongan tersebut hanya terjadi sekali itu saja*

Apa penyebab utamanya?

Kurang efektifnya komunikasi yang terjalin antara penyiar yang bertanggung jawab pada program yang kosong tersebut pastinya. Harusnya saling berinteraksi untuk menjelaskan duduk persoalannya sehingga jelas siapa yang bertanggung jawab penuh untuk mengisi acara tersebut.

Iklan banyak tidak diputar dan kemungkinan terburuknya adalah cuaca berbahaya untuk semua peralatan yang digunakan untuk mengudara. Bayangkan apa yang akan terjadi jika peralatan tersambar petir? Bukan hanya biaya yang akan menjadi masalah. Waktu dan tenaga juga harus dikerahkan.

Terdengar sangat sepele. Penukaran jadwal begitu saja tanpa memberitahukan pada orang yang dianggap tidak berkepentingan. Mau tidak mau, ketika terjadi kekosongan pada program tertentu, semuanya harus bertanggung jawab dan ikut memikul.

Komunikasi adalah hal utama sehingga tidak terjadi yang namanya miskomunikasi. Apakah sedemikian sulitnya untuk mengatakan kebenarannya? Bukankah komunikasi sebagai penanda adanya kerja sama yang baik di dalam sebuah tim?

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.