Tips 3/3: Mengamankan berkas digital




Lisa akan berbagi tips-tips sederhana seputar keseharian Bujang Dare di 3 atau 3. Hari ini, 3 atau 3 membahas penyimpanan berkas-berkas penting di dalam komputer Bujang Dare agar tidak hilang. Ini dia 3 hal yang dianjurkan untuk mengamankan berkas penting Bujang Dare yang ada di komputer:


  1. Simpanlah berkas tersebut di blog pribadi Bujang Dare. Dengan cara ini maka berkas atau tulisan Bujang Dare akan tersimpan dengan aman, selama blog itu masih ada. Untuk itu rajin-rajinlah nge-blog dan manfaatkan blog Bujang Dare itu.
  2. Berkas yang Bujang Dare punya bisa dimasukkan atau diunggah ke media-media penyimpanan online. Bujang Dare bisa menggunakan jasa media-media penyimpanan seperti 4shared dan lainnya, agar file yang sangat penting bagi Bujang Dare tersebut akan aman dan tidak akan hilang ataupun rusak. Jika Bujang Dare memerlukan berkas tersebut, tinggal unduh saja dari tempat data diunggah atau di media penyimpanan yang Bujang Dare pilih.
  3. Masukkan berkas Bujang Dare ke dalam e-mail. Dengan cara ini pun Bujang Dare akan tenang karena berkas tersebut akan aman dan tidak rusak. Caranya juga banyak variasi. Bujang Dare bisa dengan mengirimkan berkas tersebut dalam bentuk surat elektronik atau e-mail ke alamat e-mail  sendiri. Bisa juga dengan membuat draft yang isinya juga tulisan penting kita itu sendiri, dan masih banyak lagi.


Masih ada Lisa di 3 atau 3 yang membagi tips penyimpanan berkas penting Bujang Dare di dalam komputer agar aman, tidak rusak dan terhindar dari resiko kehilangan. Lisa akan kasih bocoran 3 hal yang harus Bujang Dare hindari:


  1. Terbiasa menyimpan berkas yang sering diedit dengan satu nama. Herkas yang Bujang Dare edit sebaiknya disimpan dengan File - Save as. Gunakan juga nama yang berbeda dalam menyimpan berkas tersebut. Hal ini sangat membantu jika tiba tiba saja berkas itu rusak disebabkan virus dan lain hal. Jadi Bujang Dare tidak perlu mengulang pekerjaan terlalu banyak jika berkas pertama rusak.
  2. Jika berkas tersebut begitu penting untuk Bujang Dare,jangan menyimpannya hanya di satu tempat. Back up file penting tersebut di beberapa tempat lain, seperti di local disk lain, di flash disk, di dalam CD, atau numpang di komputer lain. Hal ini akan semakin mengamankan berkas Bujang Dare dari kehilangan.
  3. Bila tidak terlalu mengetahui secara detil tentang suatu aplikasi atau program, sebaiknya jangan mengunduh atau meng-install-nya ke komputer Bujang Dare. Selalu berhati-hatilah dalam meng-install atau mengunduh berkas dari internet. Barangkali aplikasi atau berkas tersebut membawa virus dan perusak yang bisa mengancam berkas yang Bujang Dare simpan di komputer.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.