Tips 3/3: Mengembangkan sikap disiplin



Bahasan kali ini tentang mengembangkan sikap disiplin diri. Ada 3 hal yang bisa Bujang Dare lakukan untuk mengembangkan sikap disiplin dalam diri sendiri yang sangat penting ini:


  1. Pertama, supaya sikap disiplin itu muncul, Bujang Dare harus punya motivasi. Pikirkan apa yang jadi target dan apa yang Bujang Dare ingin capai dengan berdisiplin. Misalnya Bujang Dare disiplin nabung supaya bisa beli sesuatu atau disiplin olahraga agar langsing. Nah, motivasi ini yang menggerakkan Bujang Dare.
  2. Berkomitmen atau berjanji pada diri sendiri. Jika bisa memenuhi janji pada diri sendiri, apalagi untuk memenuhi janji pada orang lain. Bila perlu, tulislah komitmen Bujang Dare dan taruh di tempat yang terlihat agar gampang terbaca.
  3. Cintai rutinitas Bujang Dare. Orang yang disiplin pasti akan mengerjakan semua rutinitasnya dengan teratur dan tidak berantakan. Artinya jika sudah terjadwal demikian, demikian pula Bujang Dare harus melakukannya dengan senang hati. Untuk belajar mencintai rutinitas ini, cobalah dulu dari hal kecil seperti jadwal bangun, beres-beres, makan dan tidur.

Lisa akan melanjutkan tentang 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare hindari ketika mengembangkan sikap disiplin diri Bujang Dare:

  1. Pertama, cepat bosan. Kalau Bujang Dare mau berhasil ya jangan bosan untuk terus berlatih. Tidak ada yang instan dalam hal disiplin. Jadikanlah disiplin sebagai kebiasaan Bujang Dare, sehingga tidak merasa terbebani.
  2. Putus asa. Karena gagal, bukan bearti Bujang Dare tidak bisa berdisiplin. Berusahalah dengan segenap kemampuan. Tingkatkan usaha dan pengorbanan Bujang Dare pasti akan seimbang dengan hasil yang akan didapatkan kelak.
  3. Perfeksionis. Pada awal-awal berusaha, Bujang Dare jangan langsung memaksakan diri pada hal-hal yang langsung sempurna. Tentu tubuh atau pikiran Bujang Dare akan kaget dengan perubahan pola hidup yang signifikan. Hasil yang sempurna memang baik, tapi kalau dipaksakan ya tidak akan bertahan lama. Lakukan saja secara bertahap hingga mencapai sempurna.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.