Tips 3/3: Merawat kompor gas




Apa saja yang Bujang Dare bisa lakukan untuk merawat kompor gas di rumah? Simak 3 hal berikut ini:

  1. Yang pertama-tama perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan lubang tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa dengan menusuk lubang api menggunakan jarum atau  sikat supaya kotoran yang ada didalam lubang keluar. Kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah.
  2. Untuk membersihkan tungku, lepas seluruh bagiannya. Lap dengan teliti satu persatu, dan untuk bagian yang bergerigi sebaiknya menggunakan sikat plastik agar mudah menjangkaunya.
  3. Memeriksa regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Pastikan regulator tersebut terpasang dengan benar. Tekanan yang ideal untuk kompor ada pada posisi low pressure.
Ini dia 3 hal yang harus Bujang Dare hindari ketika merawat atau menggunakan kompor gas:
  1. Membiarkan kotoran yang menempel pada kompor, seperti sisa masakan, cipratan minyak, tetesan santan atau debu berlama-lam di atas kompor, bahkan sampai mengeras karena akan semakin sulit membersihkannya.
  2. Mengabaikan tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena berisiko terjadi ledakan. Inilah mengapa Bujang Dare perlu memeriksa keadaan regulator, pipa atau selang gas, juga tabung gas secara berkala.
  3. Meremehkan selang gas. Bujang Dare harus pastikan selang gas jauh dari permukaan panas, tidak pada posisi tertekuk dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Merawat kompor gas

Agam TrueBlue said...

sipdeh :)

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.