Tips 3/3: Kebiasaan makan yang benar




Simak 3 atau 3 kali ini yang membahas seputar kebiasaan makan yang benar. 3 kebiasaan makan yang benar ini bahkan sangat dianjurkan untuk Bujang Dare lakukan sedari dini atau saat anak-anak. Apa saja?

  1. Ini dia yang pertama, jadwal makan yang teratur. Sejak kecil, anak harus dibiasakan untuk makan sebelum merasa lapar dan berhenti sebelum benar-benar kenyang. Jadwal makan sebisa mungkin harus teratur dan jangan melewatkan jadwal makan terutama makan pagi.
  2. Makanan harus dikunyah sempurna. Pada dasarnya, mengunyah makanan merupakan proses pencernaan fisik yang masih akan dilanjutkan dengan pencernaan kimiawi oleh enzim-enzim di lambung dan usus. Pencernaan fisik yang sempurna di mulut akan sangat meringankan kerja enzim.
  3. Imbangi dengan olahraga dan aktivitas fisik. Kegemukan pada anak dipicu oleh ketidakseimbangan antara asupan kalori dalam makanan dengan pembakarannya melalui aktivitas fisik. Semakin banyak porsi makan/ olahraga atau permainan fisik juga harus semakin ditingkatkan.
Lisa masih punya 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare hindari pada saat makan:

  1. Makan dalam porsi berlebihan, karena akan membebani sistem pencernaan dan bisa memicu gangguan metabolisme. Pola makan yang lebih sehat adalah makan sedikit-sedikit tetapi sering.
  2. Makan sambil beraktivitas. Anak-anak terutama, harus menjaga konsentrasinya saat makan. Usahakan agar tidak makan sambil nonton TV, membaca buku atau bercanda dengan teman-teman karena hal itu bisa rasa lapar cepat datang kembali.
  3. Memilih snack atau makanan ringan yang banyak mengandung kalori, garam dan lemak. Ketiga komponen ini bisa memicu berbagai penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.