Tips 3/3: Mengatur pengeluaran




Hari ini 3 atau 3 akan kasih tahu Bujang Dare tentang 3 hal yang dianjurkan dan 3 hal yang lebih baik Bujang Dare hindari untuk membantu Bujang Dare mengatur pengeluaran keuangan. Apa saja itu? Mari simak 3 hal yang dianjurkan ini:
  1. Buat pos pengeluaran secara mendetail. Misalnya pos belanja ke pasar, pos belanja ke supermarket, pos untuk biaya sekolah anak kalau yang sudah berkeluarga, atau pos belanja buat diri sendri kalau yang masih lajang. Jika Bujang Dare ingin liburan kemana gitu, buat juga pos dan rekreasi. Apa gunanya? Gunanya adalah agar duitnya tidak tercampur-campur. Jangan lupa juga pos untuk duit tabungan. Kalau menggunakan sistem seperti ini, yang terpenting Bujang Dare harus disiplin.
  2. Biasakan membuat daftar tiap kali Bujang Dare berbelanja dan agar lebih efisien dalam artian tidak bolak balik nyari barang belanjaan semisal berbelanja di pasar tradisional atau supermarket yang besar dan luas, dan malah membeli barang-barang yak tak perlu. Ingat-ingatlah susunan rak atau kios belanja yang mau Bujang Dare tuju. Kalau takut lupa, buat saja daftar belanjaan berdasarkan susunan rak tersebut.
  3. Berbelanja bulanan. Lebih hemat waktu, hemat energi dan hemat uang. Cara berbelanja seperti ini akan mencegah Bujang Dare untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan semacam camilan, mainan dan benda-benda yang kurang penting lainnya yang awalnya tidak ada dalam daftar belanja.

Lisa masih bicara tentang 3 hal yang dianjurkan dan 3 hal yang lebih baik dihindari untuk membantu Bujang Dare yang ingin mengatur pengeluaran keuangan. Simak 3 hal yang tidak dianjurkan:
  1. Berbelanja pakai kartu debit apalagi kartu kredit. Fungsikan kartu kredituntuk hal-hal yang mendesak saja. Kalau Bujang Dare keasyikan belanja dan  menyicil dengan kartu kredit dan melupakan fungsinya utamanya, pasti tiap bulan tagihannya akan naik terus. Lagipula penggunaan credit card tidak pakai pin Bujang Dare. Kalau sampai hilang, bisa bahaya.
  2. Membeli barang yang Bujang Dare inginkan di saat itu juga. Ingin baju baru? Coba tunda belinya di bulan depan saja Bujang Dare. Buat benda yang agak mahal, lebih baik dibikin daftarnya agar tetap fokus.
  3. Terpaku sama merek. Pilih barang yang bagus, bukan barang yang mahal. Ini nih yang suka bikin rancu, karena yang Buajng Dare beli itu kualitas barangnya, bukan mereknya. Memang banyak yang berpendapat harga akan berbanding lurus dengan kulitas, Gak salah sih, tapi juga tidak selalu benar. Jadi bijaklah sebelum berbelanja.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.