Tips 3/3: Merawat keindahan akuarium




Bujang Dare punya akuarium dengan ikan hias yang berenang kesana kemari pasti sangat indah dan menyenangkan. Ditambah lagi hiasan batu-batuan juga tumbuhan air yang semakin menambah keindahan lautan mini dalam kaca ini. Tapi bagaimana kalau akuariumnya kotor ya, pasti gak sedap dipandang.3 hal yang sebaiknya Bujang Dare lakukan untuk merawat keindahan akuarium Bujang Dare secara umum:

  1. Pastikan ikan-ikan kesayangan sudah dipindahkan sebelum melakukan pembersihan. Bujang Dare bisa menaruhnya di ember atau akuarium lainnya. Idealnya, akurium dibersihkan 2 minggu sekali. Jika tak mau repot, Bujang Dare bisa memanggil saja penyedia jasa perawatan akuarium.
  2. Setelah mengosongkan air, membersihkan filter akuarium adalah hal yang utama yang harus dilakukan. Bujang Dare perlu membersihkannya secara menyeluruh dan teliti. Pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat tempat mengalirnya air. Jika perlu gantilah saringan ini dua minggu sekali.
  3. Untuk membersihkan lumut yang menempel di kaca akuarium, Bujang Dare bisa menggunakan pisau cukur atau silet. Setelah itu Buajng Dare dapat mengelap sisa-sisa lumut yang tidak terkikis tadi dengan kain basah hingga bersih.

Jika tadi Bujang Dare sudah tahu tentang 3 hal yang dianjurkan saat membersihkan akuarium kesayangan tempat si ikan-ikan hias berada, saatnya Bujang Dare juga patut tahu tentang 3 hal yang sebaiknya dihindari, karena jika dilakukan, bisa-bisa tidak berdampak baik bagi akuarium juga bagi ikan-ikan penghuni akuarium:

  1. Berlebihan menggunakan detergen atau cairan pembersih atau bahkan jika bisa, hindari yang namanya cairan-cairan pembersih yang tidak dianjurkan untuk membersihkan akuarium karena bisa mengandung bahan kimia yang tidak sehat bagi ikan.
  2. Memasukkan ikan sebelum akurium ditata rapi. Nah, Bujang Dare rapikan dulu tata akuarium. Jika ada tanaman hias di akuarium yang layu segera potong agar tetap terlihat indah dan segar. Cuci bersih juga batu-batu alam agar tidak mengotori air dalam akuarium.
  3. Langsung memasukkan ikannya ke dalam akuarium. Tunggu sekitar sepuluh menit agar kotoran yang berasal dari air tersaring dulu.

@lisaragih

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Merawat keindahan akuarium

Dewi TLL said...

Menarik seklai aquarium air laut ini.

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.