Tips 3/3: Memulai latihan kebugaran



Pernah mencoba untuk memulai program latihan kebugaran atau olahraga tetapi kemudian berhenti? Jika ya, berarti Bujang Dare tidak sendiri karena banyak orang memulai program kebugaran, namun lantas berhenti lantaran mereka bosan dan hasil yang diharapkan tidak kunjung datang. Nah, ini dia 3 hal yang sebaiknya dilakukan untuk membantu Bujang Dare agar tetap termotivasi dalam berolahraga:


  1. Tetapkan tujuan. Mulailah dengan tujuan sederhana, setelah itu baru maju ke tahap jangka panjang. Bujang Dare harus selalu ingat akan tujuan yang ingin dicapai dan buatlah itu menjadi suatu kenyataan. Seseorang akan menjadi sangat mudah frustrasi dan menyerah jika mempunyai tujuan yang terlalu ambisius.
  2. Buatlah segalanya menyenangkan. Bujang Dare bisa mencari olahraga atau aktivitas yang disukai. Program latihan akan berjalan lancar jika Bujang Dare melakukannya tanpa beban. Jika merasa tidak menikmati program latihan tertentu, jangan langsung memutuskan untuk berhenti. Akan tetapi, cobalah dengan sesuatu yang berbeda. Ingat, olahraga tidak harus membosankan. Bujang Dare bisa memulainya sesuai dengan hobi.
  3. Jadikan aktivitas fisik sebagai rutinitas harian. Banyak orang beralasan sulit menemukan waktu luang untuk berolahraga. Waktu bukanlah alasan untuk tidak melakukan olahraga. Lakukan dengan cara yang sederhana, misalnya gunakan tangga di tempat kerja atau rumah, atau bisa juga mengayuh sepeda stasioner atau treadmill saat menonton TV di malam hari.
Masih bersama Lisa yang akan melanjutkan bahasan kita di 3 atau 3 kali ini seputar cara agar Bujang Dare tetap termotivasi dalam berolahraga. Ada 3 hal yang tidak boleh Bujang Dare abaikan. Apa saja itu?


  1. Tidak merencanakan program latihan. Membuat rencana latihan olahraga secara teratur di atas kertas dapat membantu Bujang dare tetap termotivasi.  Mencatat apa yang sudah dilakukan, berapa lama berolahraga, dan bagaimana perasaan sesudahnya dapat membantu Bujang Dare untuk menilai apa saja kekurangan yang perlu diperbaiki.
  2. Sendirian. Undanglah teman atau rekan kerja untuk bergabung bersama ketika Bujang Dare memutuskan untuk berolahraga. Melakukan kegiatan secara bersama-sama akan membuat Bujang Dare lebih bersemangat dan dan bisa saling memotivasi.
  3. Memaksakan diri. Jika Bujang Dare terlalu sibuk bekerja di luar dan merasa tidak sanggup melakukan program latihan sesuai jadwal, ambillah satu atau dua hari untuk istirahat. Jangan memaksakan sesuatu yang sudah tidak mungkin dapat dilakukan dan yang terpenting adalah bagaimana bisa kembali ke program latihan setelah merasa semuanya kembali baik.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.