Tips 3/3: Menggunakan layar sentuh



Sudah saatnya 3 atau 3 nih, yang akan memberikan info sederhana namun berguna bagi keseharian Bujang Dare. Hari ini Lisa akan berbagi info tentang cara penggunaan layar sentuh atau touchscreen yang saat ini bukan tergolong barang asing lagi. Sudah banyak TV, komputer atau tablet dan ponsel yang mengadopsi teknologi ini. Ini dia 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare lakukan untuk merawat keawetan layar sentuh:

  1. Bujang Dare wajib membersihkan tangan sebelum menyentuh layar sentuh. Kotoran di tangan seperti minyak dan keringat dapat menjadi medium konduktif atau pengantar listrik. Penumpukan kotoran seperti itu dapat menghasilkan lapisan konduktif yang mengakibatkan ketidakakuratan layar sentuh.
  2. Isi baterai perangkat touchscreen Bujang Dare dengan segera sebelum tenaganya berada dibawah 20%. Ketika Bujang dare menyentuh layar, jari akan menyerap listrik halus. Pada saat itu listrik dari 4 sudut layar akan ditransmisikan ke titik di mana Bujang Dare menyentuh. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat layar ‘mengapung’ atau bahkan mati.
  3. Sentuhlah layar dengan normal alias tidak kasar meski kini kebanyakan layar sentuh telah memiliki ketahanan dari goresan. Namun itu semua bukan berarti tanpa pengecualian ya, Bujang Dare. Tekanan sangat keras juga dapat merusakkan layar sentuh dan tentunya akan mengganggu mekanismenya.

Ada 3 hal umum yang mungkin tanpa disadari sering dilakukan terhadap si layar sentuh dan berpotensi merusak. 3 hal ini perlu Bujang Dare hindari ya:

  1. Tidak menjauhkan perangkat layar sentuh Bujang Dare dari medan magnet khususnya medan elektromagnetik. Medan magnet dapat mengganggu sistem kerja layar sentuh. Untuk meletakkan perangkat layar sentuh, pilih tempat yang jauh dari pusaran magnet, seperti speaker, kipas angin atau TV tabung.
  2. Berada dekat dengan dari listrik statis yang adalah musuh besar touchscreen. Listrik statis dapat membocorkan lapisan-lapisan yang ada pada layar sentuh. Meskipun teknologi terkini dalam kaca layar sentuh mengadopsi sistem anti-statis, bukan berarti layar sentuh dapat bertahan dari listrik statis yang tak terduga kekuatannya yang dapat dihasilkan dari gesekan kain atau kemasan plastik. Untuk melindungi perangkat layar sentuh Bujang Dare disarankan untuk menggunakan wadah pelindung berbahan kulit.
  3. Terpaparnya layar sentuh dengan suhu yang tinggi. Keakuratan sentuhan layar akan semakin menurun jika suhu layar terlalu tinggi. Suhu pengoperasian layar sentuh adalah 0 sampai 30 derajat celcius dengan kelembaban 5%. Istirahatkan sejenak perangkat layar sentuh jika sudah terasa panas ya.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Menggunakan layar sentuh

Agam TrueBlue said...

layar jitak ada ga ya ? :D hahahaha

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.