Tips 3/3: Merawat perabotan dapur





Sekarang sudah saatnya 3 atau 3 yang kali ini membahas tentang merawat perabotan dapur. Memiliki dapur dengan peralatan yang lengkap tentunya menjadi idaman bagi setiap orang terutama ibu rumah tangga. Bujang Dare pun dituntut untuk dapat merawat perabotan dapur yang ada dengan benar agar tidak cepat rusak. Ini dia 3 hal mudah yang bisa Bujang Dare lakukan untuk merawat perabotan dapur di rumah:



  1. Bersihkan peralatan dapur yang terbuat dari alumunium, seperti panci atau wajan. Untuk bagian dalam panci atau wajan yang sering menghitam, Bujang Dare bisa gunakan bahan alami dari kulit apel. Rebus beberapa helai kulit apel di dalam panci, kemudian bilas dan keringkan, maka panci Bujang Dare akan kembali bersih dan bersinar kembali.
  2. Bersihkan juga bagian bawah panci tembaga dan kuningan yang membandel dengan sekaleng pasta tomat, atau tomat yang Bujang Dare haluskan sendiri. Oleskan pasta tomat pada panci atau wajan tembaga. Kemudian gosok hingga noda hilang dan panci menjadi mengkilat kembali. Bisa juga menggunakan pasta gigi dengan cara yang sama.
  3. Jika Bujang Dare ingin membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari perak yang mewah dan ambil 1 colek pasta gigi dengan kain bersih, lalu gosok pada peralatan perak. Setelah itu gosok lagi dengan kain bersih yang lain agar tidak tergores, maka peralatan perak akan kembali seperti baru.

Jika tadi Bujang Dare sudah tahu 3 hal yang boleh dilakukan saat merawat perabotan dapur, ini dia 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare hindari karena berpotensi merusak perabotan dapur:

  1. Meninggalkan blender dengan sisa-sisa bahan makanan yang tertentu menempel di dasar blender karena akan membuat aroma, warna juga rasa bahan makanan itu menempel dan mempengaruhi cita rasa bahan makanan lain jika digunakan dalam blender yang sama. Ambil segera detergen secukupnya dan larutkan dalam air panas, masukkan dalam blender dan nyalakan blender sejenak lalu cuci hingga bersih.
  2. Membiarkan noda menempel pada oven Bujang Dare karena akan meninggalkan karat bahkan keropos. Jika terjadi tumpahan, segera taburi garam. Setelah oven dingin, sikat hingga bersih. Untuk bagian kaca oven dapat Bujang Dare bersihkan dengan kain yang dicelup dalam baking soda.
  3. Menumpuk peralatan dapur yang terbuat dari plastik dan sudah kotor berlama-lama di bak cuci piring. Hal ini akan membuatnya semakin sulit dibersihkan. Segera rendam dalam air hangat yang diberi sedikit pemutih, diamkan sekitar 15-20 menit, lalu cuci dengan sabun pencuci piring biasa. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Bisa juga Bujang Dare rendam dengan baking soda sekitar 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.