Tips 3/3: Belanja online



Dengan akses internet di era teknologi seperti sekarang ini, semua orang termasuk Bujang Dare dapat berbelanja online atau dikenal dengan istilah e-commerce. Ribuan toko online dengan berbagai macam barang siap memanjakan. Untuk melakukan belanja online yang aman dan nyaman, silakan simak tips dari 3 atau 3 yang bisa Bujang Dare praktikkan. Ini dia 3 hal yang dianjurkan saat Bujang Dare memutuskan untuk berbelanja online:
  1. Ketika memesan barang, terdapat informasi pribadi yang harus disertakan seperti nama dan alamat Bujang Dare dan ada juga yang minta informasi pribadi lainnya. Karena itu, pastikan hanya data yang diperlukan dalam proses transaksi saja yang diberikan. Beberapa situs juga mengharuskan pengguna login dengan password sebelum memesan barang. Jadi Bujang Dare wajib menjaga kerahasiaan password dan gunakan password yang sukar teridentifikasi.
  2. Direkomendasikan untuk mencetak halaman situs yang mengonfirmasi seluruh hal mengenai pesanan seperti harga barang, informasi produk atau nomor pesanan. Demikian juga dengan informasi yang dianggap penting seperti Kebijakan Keamanan Perusahaan untuk berjaga-jaga dari kemungkinan penipuan.
  3. Selalu perhatikan bagaimana cara pesanan Bujang Dare akan dikirim. Biasanya, barang yang dijanjikan akan datang dalam periode waktu tertentu. Perhatikan informasi bagaimana cara perusahaan menangani kendala jarak atau masalah pembayaran pengantaran barang. Perhatikan pula apakah barang digaransi atau bisa dikembalikan jika terdapat cacat.

Masih bersama Lisaa Saragih yang sedang bagi-bagi tips di 3 atau 3 tentang belanja online yang aman dan nyaman untuk Bujang Dare. Tadi sudah Lisa kasih tahu 3 hal yang dianjurkan. Bagaimana dengan 3 hal yang sebaiknya tidak Bujang Dare lakukan?
  1. Melakukan transaksi di situs yang tak terbukti keamanannya. Situs bisa disebut aman jika memakai teknologi enkripsi untuk mentransfer informasi dari komputer pengguna ke komputer penjual. Dengan enkripsi, informasi penting seperti nomor kartu kredit bisa diamankan dengan kode tertentu untuk mencegah pencurian.
  2. Gampang percaya. Selidiki dulu situs belanja online yang Bujang dare minati. Situs terpercaya setidaknya menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang. Cari tahu juga bagaimana reputasi perusahaan dalam melayani konsumennya, misalnya dengan mencari informasinya lewat Google. Jika kebetulan Bujang Dare baru pertama kali membeli secara online, coba pesan barang yang murah terlebih dahulu untuk mengamati apakah situs tersebut bisa dipercaya atau tidak.
  3. Lupa baca kebijakan privasi dan keamanan situs. Setiap situs e-commerce terpercaya punya informasi tentang bagaimana sebuah transaksi perdagangan akan diproses dalam kebijakan privasi dan keamanannya. Perhatikan dengan seksama informasi ini agar Bujang Dare tidak dirugikan. Meski demikian, belum bisa dijamin kebijakan-kebijakan ini selalu diberlakukan dengan baik. Karena itu, selalu berhati-hatilah dalam bertransaksi.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Belanja online

Danny Sihombing said...

thanks informasinya ya :)

Blogwalking ya dari cantikalayanti.blogspot.com , follow balik ya gan, thanks

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.