Tips 3/3: Membeli barang bekas




Ngga punya bujet untuk beli barang baru padahal kepepet butuh? Kebetulan! Hari ini Lisa akan berbagi info tentang membeli barang bekas. Ada 3 hal yang boleh Bujang Dare lakukan dan 3 hal yang tak boleh lakukan saat sedang berbelanja atau membeli barang-barang bekas atau second hand. Langsung saja kita ke 3 hal yang dianjurkan:

  1. Disarankan untuk mencari info dan tentukan dulu barang yang ingin dibeli. Bujang Dare bisa mencari info tempat yang tepat untuk mendapatkan barang tersebut. Sebaiknya, tanya-tanya juga pada teman yang pernah belanja di sana, biar tahu trik dan aturan tawar menawarnya.
  2. Selalu survey harga. Cari tahu harga barang baru yang ingin Bujang Dare beli dengan berbagai merek. Tidak lucu kan, kalau belakangan Bujang Dare baru tahu bahwa selisih barang baru dan barng bekas cuma Rp. 1.000,-
  3. Waspada copet. Tempat ramai yang penuh dengan orang bersedak-desakan biasanya jadi lokasi favorit para penguntit dan pencopet. Kalau sampai kehilangan uang karena dicopet, sedangkan Bujang Dare berniat untuk mengirit pengeluaran dengan belanja barang bekas, kan ironis sekali. Makanya, Bujang Dare wajib tetap waspada dengan barang bawaan sendiri, terutama barang berharga seperti dompet dan ponsel. Siapkan siku Bujang Dare, jikalau ada orang yang mencurigakan mendekat.

Setelah tahu yang dianjurkan, ini dia 3 hal yang sebaiknya tidak Bujang Dare lakukan:

  1. Dandan berlebihan. Untuk kaum ibu atau remaja putri, sebaiknya tidak dandan dan memakai perhiasan berlebihan saat belanja barang bekas. Belanja barang bekas sudah pasti beda dengan saat Bujang Dare belanja ke mall. Kalau belanja di garage sale, masih boleh deh dandan cakep. Tapi kalau ke pasar barang bekas, cukup pakai jeans dan kaos oblong dengan wajah tanpa makeup dan rambut ditata sederhana. Semakin keliahatan bokek semakin bagus. Selain aman dari incaran copet, acara menawar harga akan lebih mulus.
  2. Langsung setuju dengan harga pertama yang ditawarkan penjual sampai pada harga yang menurut Bujang Dare sangat murah. Demi kepuasan hati dan agar tidak menjadi korban penipuan, Bujang Dare harus tega dan berani menawar. Siapkan uang tunai dan lupakan kartu kredit.
  3. Tidak teliti. Namanya juga barang bekas, pasti kondisinya sudah tidak sebaik barang baru. Meskipun demikian, lihatlah apakah kekurangannya masih bisa Bujang Dare tolerir atau tidak.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.