Tips 3/3: Persiapan libur akhir tahun




Lisa mau mengingatkan Bujang Dare, terutama yang sebentar lagi akan meninggalkan kediamannya untuk beraktivitas, pastikan rumahnya dalam keadaan aman dan terkunci dulu. Ngomongin masalah meninggalkan rumah, Lisa jadi teringat liburan. Banyak dari kita yang lebih memilih liburan di luar kota dan pastinya akan meninggalkan rumah di kota asal kita ketika liburan panjang datang seperti saat libur akhir tahun. Mumpung masih ada beberapa minggu lagi, Bujang Dare masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan liburan. 3 atau 3 kali ini membahas 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare lakukan dan 3 hal yang sebaiknya tidak Bujang dare lakukan saat mempersiapkan liburan akhir tahun. Kita ke 3 hal yang sebaiknya dilakukan dulu ya:
  1. Yang pertama, tentukan tempat liburan. Sesuaikan tempat liburan dengan karakter anggota keluarga. Jika ada yang menyukai pantai dan gunung, pilihlah tempat liburan yang terdapat pantai dan gunung. Dengan menentukan tempat terlebih dahulu maka Bujang Dare dapat memperhitungkan berapa besar biaya yang dikeluarkan.
  2. Sisihkan uang untuk biaya liburan. Jika sudah merencanakan liburan akhir tahun, sebaiknya setiap bulan Buajng Dare sudah menyisihkan uang sedikit demi sedikit dari pengeluaran bulanan keluarga untuk biaya liburan akhir tahun. Lakukanlah perhitungan kebutuhan uang yang kira-kira digunakan untuk biaya transportasi, akomodasi, biaya makan dan minum, biaya kunjungan ke objek wisata, dan biaya pembelian oleh-oleh.
  3. Lakukan pembelian tiket dari sekarang. Belilah tiket dari saat Bujang Dare sudah merencanakan untuk liburan bila menggunakan jasa transportasi pesawat atau kereta api.  Selain harga tiket lebih murah, tentunya Bujang Dare dan keluarga sudah mendapat kepastian tempat duduk.

Tentu saja Bujang Dare tidak ingin rencana libur yang dirancang jadi berantakan karena hal-hal yang sebenarnya bisa diantisipasi. Lisa akan kasih tahu 3 hal yang sebaiknya Bujang dare tidak lakukan dalam merencanakan liburan:
  1. Ragu untuk memanfaatkan jasa biro perjalanan jika berlibur ke daerah yang belum pernah dikunjungi. Banyak keuntungan yang bisa Bujang Dare dapatkan dengan mengikuti paket tur, seperti terhindar dari pemborosan waktu dan biaya yang disebabkan karena ketidaktahuan tentang tempat-tempat wisata yang ada di tempat liburan yang ingin Bujang Dare sekeluarga kunjungi.
  2. Membawa kendaraan sendiri. Lebih baik sewa mobil kalau Bujang Dare mampu. Agar lebih menikmati liburan apalagi jika pergi berlibur tanpa paket tur, tak ada salahnya Bujang Dare menyewa mobil di kota tempat berlibur. Supir mobil sewaan juga akan sangat membantu untuk menemukan rute dari tempat-tempat wisata yang akan didatangi bersama keluarga dan akan jauh lebih menghemat biaya karena Bujang Dare gak akan nyasar sana-sini dalam mencari tempat-tempat wisata.
  3. Malu untuk bawa bekal sendiri. Saat mengunjungi tempat-tempat wisata, biasanya pengeluaran yang paling besar adalah biaya makan. Oleh karena itu, ada baiknya Bujang Dare membawa bekal makanan sendiri. Selain lebih sehat, Bujang Dare pun akan terhindar dari pengeluaran biaya tak terduga setelah makan. Bekal berupa roti dan air mineral juga cukup mengganjal perut selama beberapa jam. Rencanakan juga bekal apa yang akan dibawa.
Selamat berlibur!



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.