Tips 3/3: Merawat kipas angin




Saatnya Bujang Dare menambah wawasan tips-tips sederhana dan bermanfaat di 3 atau 3 Kericau Pagi. Hari ini 3 atau 3 akan bahas tentang cara merawat kipas angin. Walaupun kehadiran AC sudah banyak digunakan, keberadaan kipas angin terbilang masih belum bisa tergantikan. Agar kipas angin tetap awet dan kinclong, ada 3 hal yang boleh Bujang Dare lakukan dan 3 hal yang tak boleh dilakukan. Well, simak dulu  3 hal yang dianjurkan atau diperbolehkan ya:
  1. Sebaiknya Bujang Dare menggunakan kipas angin seperlunya saja. Selain untuk penghematan, hal ini juga turut menjaga umur ekonomis kipas angin sehingga tahan lama. Kadang mungkin Bujang Dare keluar kamar lupa mematikannya, ya?
  2. Jaga agar kipas angin agar selalu bersih. Membersihkannya juga cukup mudah, Bujang Dare. Cukup dengan air hangat dicampur detergen, kemudian dilap kembali dengan kain kering.
  3. Apabila hendak menyimpan kipas angin untuk jangka waktu yang lama, bersihkan dan tutuplah dengan pembungkus plastik dan simpan ditempat kering untuk meminimalisir kerusakan dan karat.

Sebagaimana barang elektronik pada umumnya, kipas angin rentan terhadap kondisi cuaca. Ini dia 3 hal yang tidak boleh Bujang Dare lakukan:
  1. Memakai kipas angin saat udara lembab, karena akan merusak mesin dan komponen kipas. Mesinnya jadi lebih cepat panas dan mengundang karat.
  2. Memasang kipas di tempat yang suhunya melebihi 50℃. Hanya karena kipas angin lebih praktis daripada kipas tangan,  jangan pula coba-coba untuk memasang langsung kipas di atas kompor. Berbahaya!
  3. Meletakkah kipas angin di tempat yang terkena hujan atau dilindungi dengan atap seng, juga dari cairan kimia berbahaya seperti thinner, bensin, alkohol yang menyebabkan karat atau melunturkan warna.

@lisaragih

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.