Tips 3/3: Mengusir rasa malas




Masih jam 7 pagi kurang, Bujang Dare. Pasti masih rajin-rajinnya dan penuh semangat. Tapi kalau sudah pukul 3 sore, misalnya, tak sedikit dari kita yang menjadi lesu dan tidak bersemangat. Wajar saja, karena setelah beraktivitas seharian, tubuh pun menjadi kehilangan energi. Terkadang rasa malas datang menghampiri, padahal tugas-tugas harus diselesaikan hari ini. Tips 3 atau 3 hari ini akan membahas tentang 3 hal yang dianjurkan dan yang harus dihindari untuk mengusir rasa malas:

  1. Para peneliti menyarankan agar segera minum air putih karena lemah adalah tanda-tanda dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh diketahui bisa menurunkan kemampuan otak dan membuat rasa ngantuk dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, berikan asupan air yang cukup untuk tubuh, setidaknya 2 liter dalam sehari.
  2. Cobalah meminum kopi. Minum kopi di sore hari bisa mengaktifkan kembali stamina dan energi. Menurut para peneliti, minuman tanpa lemak ini bisa memicu hormon adrenalin yang akan menghilangkan rasa kantuk. Kopi juga bisa sebagai menghilangkan rasa sakit/ memunculkan perasaan segar sedikit gembira dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang menghasilkan energi ekstra.
  3. Manfaatkan ruangan yang ada di sekitar Bujang Dare. Berkeliling-kelilinglah di ruangan sekitar. Bujang Dare bisa meningkatkan energi sebanyak 20 persen hanya dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki dan berkeliling di ruangan jika sedang berada di tempat kerja.

Ini dia 3 hal yang lebih baik Bujang Dare hindari:

  1. Bekerja di ruangan yang minim cahaya. Bekerja dalam keadaan terang terbukti bisa menghilangkan rasa lelah hingga 65 persen. Melihat benda-benda yang berwarna juga bisa meningkatkan saraf-saraf di mata dan otak untuk terus aktif dan bekerja. Lihatlah warna kuning, hijau, biru atau merah untuk menghilangkan rasa letih.
  2. Tidak menenangkan diri. Salah satu cara menghilangkan rasa jenuh adalah dengan memiliki ketenangan diri dan pikiran, salah satunya adalah dengan yoga. Yoga bukan hanya akan menenangkan pikiran Bujang Dare saja, tapi juga akan membuat otak lebih sadar dan aktif karena aliran oksigen ke otak lebih lancar. Yoga membuat hormon oksitoksin yaitu hormon yang terkait dengan rasa santai dilepaskan sehingga orang yang melakukan yoga akan memiliki pembawaan yang lebih tenang dan terarah.
  3. Bertahan di dalam ruangan. Supaya tak jenuh keluarlah dari rumah dan cari sinar matahari. Kurangnya cahaya matahari bisa membuat tubuh menjadi lemah, letih, lesu dan gampang jenuh. Cahaya matahari akan meningkatkan kerja hormon serotonin dalam tubuh yang akan melancarkan aliran metabolisme dalam darah. Setidaknya dalam sehari tubuh harus terkena sinar matahari selama 30 menit.
Selamat mencoba!



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.