AKSARA: GURINDAM


Kemarin ketinggalan SODA GEMBIRA? Nah buat Bujang Dare yang merasa ketinggalan segmen AKSARA tenang, karena Hani akan menuliskan pembahasan selama satu jam kemarin di sini. Buat yang tidak tahu segmen yang sudah berjalan beberapa bulan setiap hari Rabu di SODA GEMBIRA, Hani jelasin sedikit ya mengenai AKSARA. AKSARA itu merupakan kepanjangan dari AKU SUKA MERANGKAI KATA

Intinya Bujang Dare yang suka dengan dunia tulis-menulis bisa berbagi cara atau ingin cerita kiat dalam menulis. Bahkan menerima pertanyaan seputar tulis-menulis. Termasuk EYD dan tata bahasa. Meskipun sebenarnya saya sendiri bukanlah seorang penulis yang handal.

Minggu ini, AKSARA selama 15 menit pertama mengangkat berbagai masalah yang berkaitan dengan bahasa, tidak hanya menulis. Berhubung kemarin mendapat undangan untuk menulis gurindam di blog sendiri, jadilah saya mengajak Bujang Dare untuk mengulang kembali pelajaran Sastra Melayu.

Apa sih gurindam itu?

Gurindam sendiri merupakan satu bentuk puisi Melayu lama yang terdiri dari dua bait, tiap bait terdiri dari 2 baris kalimat dengan irama akhir yang sama, yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Berbeda dengan karmina yang sebenarnya juga terdiri dengan jumlah baris yang sama. Bedanya sedikit. Karena persamaannya lebih banyak. Sama-sama dua baris, persajakan a-a, bedanya adalah pada gurindam tidak ada sampiran. Jadi karmina lebih mendekati bentuk pantun singkat.
Miss Bone Emoticons 143
Dua minggu lagi kita bisa membahasnya jika Bujang Dare ingin tahu lebih banyak tentang karmina. Gurindam biasanya digunakan oleh orang tua jaman dulu untuk menasihati anak-anaknya.

Saya membuat gurindam yang sedikit modern nih, ini ada di blog saya.
Jangan suka bermain cinta
Sakit hati tak ada obatnya
 Miss Bone Emoticons 1
Apabila diperhatikan baik-baik, dua baris tersebut adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena dua-duanya saling memengaruhi. Bagaimana? Ada yang tidak bisa dipahami dari penjelasan gurindam yang saya paparkan? Silakan komentar di bawah postingan ini untuk bertanya. *halah gayamu Hani*
 Miss Bone Emoticons 68

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to AKSARA: GURINDAM

Ila Rizky said...

jadi inget belum buat gurindam, mba hani. T_T

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.