Kupas MATAHARI: Bicaralah


Matahari (Makna Kata Hari Ini):
"Ada waktunya kita diam untuk berfikir, tapi biarkan orang lain tahu apa yang ada dalam kepala dan hati kita. Bicaralah, karena dengan menyembunyikannya hanya akan menyiksa diri sendiri. Ingat, orang lain tidak bisa membaca pikiran kita, jadi cara terbaik adalah dengan mengutarakannya."

Kupasan :
Diam itu emas, pepatah lama itu tak selalu cocok di setiap kondisi. Tidak selamanya diam menjadi emas, karena diam membuat lain bertanya-tanya apa yg kita rasakan, apa yang kita pikirkan. Jangan membuat orang lain menebak-nebak isi hati kita dengan diam, karena diam tidak akan memecahkan masalah apap

Mari kita simak tanggapan beberapa orang:

"Saya selalu berfikir bahwa hubungan asmara yang sempurna adalah hubungan yang tanpa diwarnai pertengkaran. Karena itu, saya lebih sering diam walaupun di hati saya kesal dengan pasangan saya, saya juga sering saat dia bertanya apakah saya baik-baik saja, saya juga lebih banyak diam saat cemburu melihat dia menatap wanita lain. Bukan hubungan sempurna yang saya dapat, justru hati ini remuk rasanya karena terlalu banyak diam. Akhirnya saya coba pelan-pelan belajar mengungkapkan apa yang saya rasaka. Memang kadang ada pertengkaran dalam hubungan kami. Tapi itu justru jadi kunci pembelajaran mengenal karakter, dan saya juga lega karena tidak harus diam meredam apa yang saya rasakan." (Ivo, 24 tahun)
"Saya sering heran, kenapa wanita suka memendam perasaannya. Jika saya tanya "Sayang, kamu kenapa?" kekasih saya seringkali menggeleng dan bilang "Tidak apa-apa" tapi beberapa menit kemudian dia ngambek bahkan menangis karena saya dianggap tidak mengerti dirinya. Saya kan bingung, saya tidak bisa membaca isi hati dan pikirannya..." (Dendy, 26 tahun)
"Mungkin karena saya agak pemalu dan agak tertutup, saya jarang sekali bersuara, termasuk dikantor. Ada hal-hal yang sering kali saya takutkan, takut salah ngomong, takut ide saya terdengar konyol, bahkan kadang takut menyanggah saran rekan kerja yang lain. Semua itu membuat saya tidak berkembang, karena atasan saya tidak bisa melihat potensi dan kemampuan saya, sedangkan teman-teman saya yang berani bicara mulai naik jabatannya. Melihat hal itu, saya tidak percaya semua diam itu emas. Saya mulai belajar berani mengeluarkan pendapat. Syukurlah, walaupun tidak semua ide saya bisa diterima atasan, setidaknya saya lebih terbuka dan tidak seperti menanggung beban apapun." (Fika, 25 tahun)

Selama apa yang ada di pikiran kita adalah hal dan bertujuan positif maka sampaikanlah karena hal itu akan bermanfaat bagi kita dan orang di sekitar kita. Dan ingat, tidak semua diam itu emas.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.