Tips 3/3: Pola Makan Sehat



Mendengar pola makan sehat biasanya yang terlintas di kepala adalah hindari lemak. Sebenarnya, pola makan sehat tidak mengeliminasi bahan makanan tertentu, termasuk lemak. Dalam moderasi, lemak tertentu, seperti lemak sehat untuk jantung mono-dan polyunsaturated, justru diperlukan oleh tubuh. Sebagai aturan praktis, sedikitnya kurang dari 30 persen dari total kalori Bujang Dare harus terdiri dari lemak, dan dari jumlah ini, hanya 25 persen terdiri dari lemak jenuh dan nol persen lemak trans. Maka bijaklah dalam memilih lemak yang diasup. Berikut 3 jenis makanan mengandung lemak yang disarankan untuk dikonsumsi.

a. Minyak Kelapa
Minyak kelapa telah lama menjadi favorit para vegan untuk menggantikan lemak dari hewan selama bertahun-tahun. Meski termasuk kategori lemak jenuh, minyak kelapa dapat menjadi instrumen untuk kesehatan Anda, karena membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Tambahkan satu sendok teh kecil pada teh Anda. Bujang Dare pun dapat menggunakannya sebagai minyak untuk menggoreng .

b. Alpukat
Asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), seperti yang dapat ditemukan dalam alpukat, terbukti untuk mengurangi lemak perut. Selain dibuat jus buah, alpukat bisa dijadikan pengganti mayones dan olesan buat roti isi Anda. Yang perlu Bujang Dare lakukan hanya memblender alpukat untuk cocolan atau saus salad dan roti sandwich Anda.

c. Telur
Telur merupakan sumber gizi yang murah dan kaya protein. Orang sering berpikir putih telur lebih sehat daripada telur utuh karena mengandung sedikit lemak. Sementara itu, benar bahwa kuning telur mengandung lemak, tapi dengan nutrisi penting. Satu telur utuh mengandung 5 gram lemak, tetapi hanya 1,5 gram lemak jenuh. Telur utuh juga merupakan sumber baik kolin (satu kuning telur memiliki sekitar 300 mikrogram kolin), vitamin B penting yang membantu mengatur otak, sistem syaraf dan sistem kardiovaskular.

Ini dia 3 jenis makanan yang paling banyak mengandung lemak dan paling gampang membuat gemuk. Kalaupun tidak bisa menyingkirkannya dari daftar menu, gantilah dengan jenis yang rendah kalori dan bebas lemak, atau tidak terlalu sering mengonsumsinya.

a. Makanan Cepat Saji
Di antaranya hamburger, nachos dan kentang goreng. Kandungan lemaknya sangat tinggi, begitu pula kandungan kalorinya. Sementara kandungan nutrisi yang menyehatkan, nyaris tidak ada.

b. Jajanan Gorengan
Makanan jenis ini kurang baik bagi kesehatan karena umumnya digoreng dengan minyak yang tidak diganti setiap kali menggoreng. Kandungan lemaknya juga sangat tinggi dan kurang terjamin kebersihannya jika dijajakan di pinggir jalan.

c. Permen.
Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula panganan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.