Kupas MATAHARI: Masalah


Matahari : Masalah

"Masalah adalah kesempatan kita melakukan yang lebih baik." 
- Duke Ellington



Kupasan:
Yah, masalah lagi, kita bisa saja baru meremehkan diri sendiri dengan mengatakan demikian. Bersyukurlah hidup ini masih di beri masalah. Hidup tanpa masalah hanya akan membuat kita tidak berkembang. Masalah datang seringkali dianggap mempersulit hidup kita. Ya kalau tidak sulit, kita tidak akan menggunakan akal kita dengan baik, kan ?
Mengikis bagian-bagian yang tak diperlukan aka memperhalus budi pekerti kita, agar menjadi manusia yang lebih baik. Masalah itu memang sakit, tapi kemudian akan membuat
segalanya lebih baik.


  1. JANGAN PANIK. Saat tertimpa suatu masalah, langkah pertama yang harus diambil adalahjangan panik. Kepanikan hanya akanmenambah masalah daripada menyelesaikan masalah. Maka latih diri dan keluarga untuk selalu tenang dan tidak panik menghadapi situasi segawat apapun.
  2. JANGAN EMOSIONAL. Jangan terpancing untuk marah danbertindak emosional ketika kitadihadapkan pada suatu masalah. Marahhanya akan memuaskan nafsu,s edangkan nafsu yang tidak terkendali akan menutup jalan meraih kebenaran dan kemuliaan hidup. Bukannya tidak boleh bertindak, tapi yang tidak boleh adalahbertindak secara emosional.
  3. JANGAN TERGESA-GESA. Tindakan tergesa-gesa hanya akan menuai penyesalan. Maka kendalikan diri, jangan ingin cepat-cepat menyelesaikan suatu aktivitas tanpa perhitungan matang. Saat dihadapkan dengan masalah yang rumit, segera petakan masalah tersebut, kumpulkan informasi secara BAL (Benar, Akurat dan Lengkap).
  4. JANGAN MENDRAMATISIR MASALAH. Sebagian penderitaan yang dialami adalah hasil dramatisasi pikiran kita sendiri. Akibatnya persoalan jadi tampak gawat, darurat, dan mencekam. Padahal boleh jadi masalah yang dihadapi tidak segawat dan semencekam yang diperkirakan.
  5. JANGAN PUTUS ASA. Masalah akan membuat kita terpurukdan menjadi hina, bila kita putus asa menghadapinya. Ingatlah, bersama kesulitan ada kemudahan!
  6. BERDOA. Jika selama ini kita merasa kurang dekat dengan Tuhan, atau ibadah yg selama ini kita lakukan tanpa penghayatan, hanya sekedar pelepas kewajiban, maka ada baiknya kita memperbaiki itu semua, dan memperbanyak berdoa kepada-Nya. sesungguhnya tidak ada masalah yg tidak ada penyelesaiannya, hanya saja kadang jalan menuju penyelesaian tertutup, karena urusan kita dengan Tuhan belum selesai.
  7. BERSEDEKAH. Sedekah merupakan salah satu ibadah yang menjanjikan pelakunya akan memperoleh pertolongan, tidak bisa di buktikan, sebelum kita mencobanya, selamat mencoba :)


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.