Tips 3/3: Atasi Selulit


3 dan 3
Salah satu masalah kulit yang kerap dikeluhkan wanita adalah timbulnya selulit. Guratan-guratan kulit tersebut timbul karena timbunan lemak di bawah kulit. Meskipun selulit sering timbul di daerah paha, namun tetap saja guratan putih tersebut mengganggu penampilan. Apalagi saat ingin memakai busana mini atau bikini, tentunya akan mengurangi kepercayaan diri bila memiliki kulit berselulit. Untuk memudarkan selulit, ikuti tips

a. Minum banyak air
Selulit sering timbul di sekitar paha yang merupakan daerah yang paling banyak sel-sel lemak. Untuk mengatasinya, Lona Sandon, seorang ahli diet Internasional menyarankan untuk rajin olahraga dan minum banyak air. Bila kulit terhidrasi dengan baik, kulit akan lebih segar dan sehat.

b. Konsumsi buah dan sayur
Buah-buahan dan sayuran berwarna seperti wortel, bayam, jeruk, anggur dan tomat kaya akan vitamin C yang penting untuk mencegah kerusakan kolagen. Kolagen adalah struktur pendukung kulit agar tetap kenyal. Jika kolagen melemah, kulit bisa kehilangan elastisitas dan lemak mudah menonjol, sehingga menimbulkan selulit. Selain itu, Studi dari Universitas di Arizona, menunjukkan vitamin C dapat membantu membakar 30 persen lemak.

c. Konsumsi gandum
Mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan seperti nasi putih, pasta dan roti, akan dengan mudah dikonversi menjadi glukosa (gula darah). Tubuh cenderung menyimpan glukosa yang bisa menimbulkan sel-sel lemak baru, sehingga lemak mendorong kulit dan terjadilah selulit. Untuk mencegahnya, gantilah asupan karbohidrat dengan gandum, seperti oatmeal atau roti gandum.

Banyak faktor yang menyebabkan tampilan kulit seperti kulit jeruk. Bukan hanya dari timbunan lemak, genetik atau setelah melahirkan saja. Faktor lain yang dapat memperparah kondisi selulit adalah makanan. Agar selulit tidak semakin jelas, sebaiknya hindari tiga makanan ini,

a. Gula
Makanan yang mengandung banyak gula menyebabkan kerusakan permanen pada organ tubuh dan sel yang memicu selulit. Makanan yang mengandung banyak gula adalah kue, biskuit dan coklat. Untuk itu, agar selulit tidak semakin parah sebaiknya Bujang Dare mulai mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula.

b. Junk Food
Junk food juga sangat mudah memicu timbulnya selulit. Dalam junk food, banyak kandungan berbahaya seperti racun, lemak jenuh dan kalori. Jelas, ketika makan-makanan yang tidak sehat makan organ dan sel jadi rusak. Sehingga residu tersimpan di bawah kulit dan lama-kelamaan selulit akan tampak di lapisan kulit terluar.

c. Makanan Asin
Tidak hanya makanan manis, menurut penelitian makanan yang asin-asin juga memperburuk kondisi selulit. Makanan asin menyerap air di tubuh. Jenis makanan yang membuat sel menyerap air secara berlebih sehingga dapat memicu pembengkakan. Sebagai akibatnya, tampilan selulit dapat lebih jelas.

Semoga bermanfaat!
Bye-bye kulit jeruk!

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.