Tips 3/3: Atasi Insomnia


3/3
Solusi paling ampuh insomnia sebetulnya ada pada diri Bujang Dare sendiri, bukan dokter, bukan obat-obatan. Bujang Dare harus memastikan memiliki daftar hal yang harus dilakukan untuk menyembuhkan insomnia secara alami. Berikut adalah tiga hal berbeda yang dilakukan setiap malam dalam rangka untuk membantu kita untuk mendapatkan tidur nyenyak dan terhindar dari insomnia.

a. Kebersihan
Sebuah lingkungan teratur akan membuat pikiran Bujang Dare tenang dan memungkinkan Bujang Dare tidur di malam hari tanpa beban. Memastikan bahwa tubuh Bujang Dare bersih juga akan membantu Bujang Dare untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Bujang Dare tidak perlu mandi malam hari, tapi cukup membersihkan wajah, mencuci tangan dan kaki anda.

b. Jaga pikiran
Jangan biarkan apa pun untuk merangsang Bujang Dare secara mental maupun fisik sebelum Bujang Dare pergi tidur. Ini mencakup hal-hal yang kebiasaan Bujang Dare nonton tv hingga larut malam, atau hal-hal yang mungkin Bujang Dare baca. Berkonsentrasi pada hal-hal yang santai dan membiarkan pikiran Bujang Dare melayang untuk menenangkan pikiran. berkonsentrasi menenangkan pikiran akan membantu Bujang Dare untuk tidur sepanjang malam.

c. Cahaya redup
Jika Bujang Dare merasa tidak sanggup tidur dalam keadaan yang gelap, Bujang Dare cukup menyediakan pencahayaan rendah, misalnya lampu yang redup, lampu 5 watt, atau lainnya. meredupkan lampu pada malam hari, dan tidur dalam keadaan gelap mampu mengurangi insomnia, menjaga tekanan darah normal, dan menurunkan peluang diabetes. Dalam berbagai penelitian, melatonin selama ini diketahui mempunyai peran dalam mengatasi kualitas tidur yang buruk, hipertensi, bahkan kanker.

Sebelum kita bangun pagi dengan mata panda, sebaiknya hindari deh melakukan hal-hal berikut. Bisa-bisa tidur kurang dan besoknya bangun jadi nggak segar lagi.

a. Lihat Gadget
Jauhkan gadget sejak 30-45 menit sebelum tidur. Gadget seringkali membuat kita keasyikan dan lupa pada fokus kita untuk tidur atau melakukan hal lainnya. Entah karena pekerjaan maupun sekedar melihat jejaring sosial yang kita miliki, hal tersebut akan menekan kondisi pikiran kita sebelum kita siap-siap memasuki jam tidur.

b. Makan
Bukan hanya membuat berat badan bertambah, tidur dalam kondisi perut kenyang juga sebaiknya dihindari karena kinerja tubuh jadi tidak berimbang. Di satu sisi kita ingin beristirahat, di satu sisi pencernaan masih bekerja.

c. Minum Kopi
Banyak yang menyarankan untuk tidak meminum kopi karena akan membuat Bujang Dare terjaga. Kopi membuat debaran jantung meningkat sehingga Bujang Dare kurang bisa mengantuk dan mengistirahatkan tubuh Anda.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.