Tips 3/3: Hilangkan Sifat Boros


3 DAN 3: MENGHILANGKAN SIFAT BOROS
Menghilangkan sifat boros yang sudah menjadi kebiasaan memang cukup sulit. Namanya juga kebiasaan. Kebiasaan memang sulit dihilangkan karena sudah mendarah daging. Lantas bagaimana? Apakah sifat boros itu tidak bisa dihilangkan? Tentu saja bisa, tapi ada syarat yang harus dipenuhi yaitu tekad yang kuat untuk berubah. Kalau Bujang Dare tidak memilikinya, maka semua ini akan sia-sia belaka.

Nah, kalau Bujang Dare sudah memiliki tekad yang kuat untuk berubah, mari kita mulai bagaimana cara menghilangkan sifat boros ini.

1. Buatlah sebuah analisa
Buatlah sebuah analisa mengenai situasi dan kondisi apa saja yang membuat Bujang Dare boros. Di mana saja Bujang Dare menghamburkan uang. Pokoknya analisa itu harus memenuhi unsur 1H+5w. Buatlah analisa seperti itu dan temukan jawabannya. Setelah itu berusaha untuk menghindarinya secara perlahan dan bertahap. Tidak perlu sekaligus.

2. Buat Skala Prioritas
Buatlah skala prioritas mengenai kebutuhan Bujang Dare, mana kebutuhan yang benar-benar penting dan mana yang bisa ditangguhkan. Utamakan dulu untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar penting. Yang berada dalam daftar teratas peringkat kebutuhan.

3. Membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan
Kebutuhan manusia berbeda dengan kebutuhan. Kebutuhan bisa diatur tapi keinginan selalu meminta lebih. Bahkan melebihi kemampuan kita. Seseorang bisa saja memiliki keinginan untuk membeli Kapal pesiar atau pesawat pribadi untuk bisa jalan-jalan. Tapi apakah itu yang kita butuhkan? Jangan-jangan, sebenarnya yang kita butuhkan hanyalah satu liter bensin untuk sepeda motor yang kita punya untuk bisa jalan-jalan.


Jangan lakukan tiga hal berikut ini.

1. Memulai hobi baru
Setiap orang menyukai hobi yang unik yang baru namun memulai hobi baru adalah hal yang mahal. Untuk memulai hobi baru Bujang Dare harus membeli peralatan atau perlengkapan yang menunjang hobi baru tersebut. Sebelum memutuskan untuk membeli perlengkapan penunjang, pastikan Bujang Dare sangat menginginkan hobi tersebut. Kemudian setelah beberapa bulan mencoba hobi tersebut, Bujang Dare pasti akan membeli kembali perlengkapan lainnya. Tanya ke sahabat Bujang Dare, dimana bisa membeli peralatan yang baik atau membeli alat yang telah tidak digunakan oleh teman yang memiliki hobi sama dengan Bujang Dare. Bujang Dare juga bisa mencari alternatif peralatan bekas pakai yang mendukung hobi Bujang Dare di toko atau membeli secara online.

2. Beli Kopi di Cafe
Kebiasaan minum kopi atau teh pada sebuah coffee shop atau kafe menjadi hiburan di tengah rutinitas setelah bekerja seharian. Namun membeli minuman atau makanan dari coffee shop dapat menjadi kebiasaan yang mahal. Nah, klo ga pengen boros, jika ingin kopi, Bujang Dare bisa membeli kopi instan dan membuatnya di rumah.

3. Sering Makan di Restoran
Sangat mudah sekali untuk pergi restoran favorit atau sekedar memesan makan ketika Bujang Dare sedang sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak. Perlu diingat, meski Bujang Dare makan di luar atau di restoran yang tidak terlalu mahal namun karena terlalu sering akan menambah beban anggaran yang harus dikeluarkan. Untuk menghemat anggaran, Bujang Dare bisa menyiapkan makan kesukaan Bujang Dare ketika hari libur dan memasukkannya ke dalam lemari pendingin atau kulkas. Kemudian ketika lapar, Bujang Dare dapat menghangatkan makanan tersebut ketika membutuhkan makanan malam yang cepat dan murah.

Nah, selamat menghilangkan sifat boros, dan belajar menjadi orang yang hemat. Saya sendiri sedang belajar..... Semoga kita berhasil. hehe...

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.