Kupas MATAHARI: Sedekah


Matahari : Kata Sedekah.
“Sedekah tidak harus uang, sedekah bisa juga dengan tersenyum, sedekah ibarat kita melempar bola ke dinding, bola akan memantul kembali. Tapi jangan sekedar mengharapkan dengan sedekah akan mendapat balasan berupa materi saja, menjadi sehat dan bahagia juga sedekah loh. Sedekah membuka pintu rezeki, percaya saja, dari pertemuan dengan siapa pun, kita bisa memiliki kesempatan rezeki lebih besar.”

Kupasan:
Setiap kita pasti tahu bahwa sedekah adalah salah satu amalan yang luar biasa dalam agama kita. Banyak keutamaan sedekah yang disebutkan di antaranya dapat menghapuskan dosa, menambah rezeki, obat dari penyakit, menghalangi bala’ atau musibah dan lainnya.

Berikut ini beberapa amalan yang dapat dinilai sama dengan sedekah.

Setiap kebaikan adalah sedekah
“Setiap kebaikan adalah sedekah” (HR. Muslim)
Maka, setiap kebaikan yang mampu kita lakukan, lakukanlah. Bagaimana jika tidak mampu melakukan semuanya? Cukup dengan diam dengan tidak memberikan gangguan kepada yang lainnya, maka itu juga bernilai sedekah.

Bercocok tanam
“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman, kecuali apa yang termakan darinya bernilai sedekah baginya. Apa yang tercuri darinya bernilai sedekah baginya. Apa yang dimakan hewan-hewan buas darinya bernilai sedekah baginya. Apa yang dimakan burung darinya bernilai sedekah baginya. Dan tidaklah seseorang yang mengurangi dan mengambil dari tanaman itu kecuali bernilai sedekah baginya (sampai hari qiyamah tiba).” (Al-Hadist)

Meminjamkan harta atau menghutangi
“Sesungguhnya memberi pinjaman (hutang) itu menempati kedudukan setengah sedekah.” 
Memberi tempo kepada orang yang belum mampu melunasi hutangnya, juga merupakan bentuk sedekah.
“Barangsiapa memberi tempo kepada orang yang belum mampu melunasi hutangnya, maka ia setiap harinya seperti bersedekah sejumlah barang yang ia hutangkan.”

Menafkahi keluarga 
 “Jika seorang suami memberi nafkah kepada keluarganya dalam keadaan mengharapkan pahala dari Allah, maka itu sedekah baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Berniat sedekah ketika tidak mampu
Ada seseorang melihat orang lain menginfaqkan hartanya untuk ketaatan kepada Allah. Lalu ia berkata, “Andai aku punya harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan.” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berkata, mengomentari kejadian itu, “(Seandainya) ia (jujur) dengan niatnya itu, maka pahala keduanya sama.” (Musnad Ahmad 4/230-231; Sunan At-Tirmidzi no. 2325; dan lainnya).

Shalat Dhuha
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, artinya : ”Setiap salah seorang di antara kamu memasuki pagi harinya, pada setiap ruas tulangnya ada peluang sedekah; setiap ucapan tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap hamdalah (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan la ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, semua itu cukup tergantikan dengan dua raka’at dhuha.” (HR. Muslim, hadits no. 720).

Membersihkan mesjid
Perlu dipahami bahwa masjid saat ini tidak lagi beralaskan tanah tetapi lantai. Maka yang kita lakukan adalah menghilangkannya, misalnya dengan mengepelnya atau yang lainnya. Dan ini masih bernilai sedekah, karena tujuannya adalah menghilangkan kotoran yang ada di dalam masjid.

Dan masih banyak bentuk-bentuk sedekah lainnya yg belum disebutkan. Wallahua’lam.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.