Tips 3/3: Cara Hadapi Tekanan


3/3
Bila ingin mencegah stress cobalah cara sederhana yakni mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Stres yang tinggi juga bisa membuat mood Bujang Dare berantakan. Tak semua orang dengan mudah menyingkirkan stres. Bisa saja Bujang Dare hanya memendamnya (bukan mengatasi penyebabnya), akibatnya timbul keluhan fisik seperti kelelahan, sakit kepala hingga ketidakmampuan untuk fokus. Ketika stres, tubuh secara alami meminta pasokan kalori. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang. Coba untuk makan

a. Buah pepaya
Sebagian dari Bujang Dare mengira pepaya hanyalah buah yang bermanfaat melancarkan pencernaan belaka. Jika Bujang Dare berpikiran demikian, artinya Bujang Dare salah besar. Pepaya ternyata mengandung nutrisi yang mampu menghentikan stres seseorang. Nutrisi itu mampu memancing produksi hormon anti stres dalam tubuh. Sebagai informasi, setengah pepaya mengandung 75 persen vitamin C lebih banyak dari jeruk.

b. Teh dengan daun mint.
Direkomendasikan sebagai minuman yang mampu membuat Bujang Dare jauh lebih fokus dan meningkatkan semangat kerja seseorang. Sejumlah riset mengungkap konsumsi teh pepermint selama perjalanan jauh membuat pengendara lebih tahan ngantuk dan tetap fokus. Bagi seseorang yang tidak menyukai teh mungkin bisa menggantinya dengan permen pepermint atau minyak pepermint.

c. Havermut
Efek biokimia dari stres adalah kehabisan stok serotonin, hormon yang membuat Bujang Dare merasa sejuk, tenang, dan terkendali. Salah satu strategi utama untuk meningkatkan serotonin kembali ke tingkat yang sehat adalah meningkatkan asupan karbohidrat. Sebaliknya, untuk memperlancar produksi serotonin, konsumsilah makanan kaya serat seperti gandum. Lambatnya pencernaan makanan menyebabkan produksi sorotonin stabil dan mencegah naiknya gula darah yang mengakibatkan perubahan suasana hati dan nafsu makan.


Mulailah perhatikan makanan Bujang Dare. Menurut Drew Ramsey, MD, penulis buku The Happiness Diet ini adalah tiga makanan yang harus dihindari serta alternatif pilihannya:

a. Minuman Soda
Minuman ini akan mudah menjadi lemak di dalam tubuh kita, membuat suasana hati tidak enak. Hindari soda dan gantilah dengan air mineral atau sedikit jus buah.

b. Margarin
Selama beberapa dekade, para ilmuwan berdebat yang lebih sehat bagi manusia, margarin atau mentega. Sekarang sudah jelas margarin dapat memicu terjadinya peradangan dalam tubuh dan mengandung lemak yang berbahaya. Terlalu banyak  asam lemak omega-6 bisa mengacaukan mood dan insulin juga. Akibatnya Bujang Dare akan lebih mudah merasa tertekan. Alternatif lebih sehat ganti saja dengan mentega.

c. Karbohidrat olahan:
Roti seperti bagel dan karbohidrat olahan yang dikemas dapat membuat lonjakan gula yang tinggi, lalu turun drastis. Hal ini juga sangat berpengaruh pada suasana hati Bujang Dare yang mudah naik turun.  Ditambah, saat ini perusahaan menjual bagel, roti sandwich atau makanan manis dari karbohidrat dua kali lipat lebih besar. Sebaliknya, pilihlah roti gandum utuh untuk sarapan.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.