3/3 : Agar Tidak Mudah Lupa


Bujang Dare pergi ke supermarket dan tiba-tiba lupa apa yang seharusnya dibeli, atau lupa di mana menaruh kunci mobil. Kejadian-kejadian seperti ini sangat normal, apalagi ketika sedang banyak pikiran. Tapi jika gangguan ingatan sudah mulai menyulitkan hidup, maka perlu dilakukan tindakan yang bisa meminimalisir sifat lupa itu. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Bujang Dare lakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Health.

a. Browsing Selama 1 Jam
Sebuah studi di University of California menunjukkan, menghabiskan waktu selama satu jam sehari di internet dan browsing mengenai hal yang Bujang Dare sukai dapat menstimulasi bagian otak yang menyimpan memori jangka pendek. Sirkuit syaraf akan lebih terangsang ketika kita melakukan pengambilan keputusan sambil mengasah kemampuan verbal dan visual.

b. Perhatikan Tempat Parkir Mobil
Selalu lupa di mana Bujang Dare memarkir mobil? Cobalah cara ini untuk mengatasinya. Begitu keluar dari mobil, lihatlah ke sekeliling tempat parkir Bujang Dare, lalu gerakkan mata ke kiri dan kanan setiap satu atau dua detik selama 30 detik. Latihan visual ini dapat meningkatkan memori jangka panjang hingga 10%.

c. Gunakan Dental Floss Sebelum Tidur
Menggunakan dental floss secara teratur dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, begitu pula dengan daya ingat. Apabila Bujang Dare tidak menggunakan dental floss, dapat terjadi pembengkakan di gusi dan meningkatkan risiko masuknya bakteri jahat ke aliran darah. Ketika sudah berada di dalam aliran darah, bakteri dapat menyebabkan radang di bagian tubuh termasuk otak yang bisa menyebabkan pikun. Gunakanlah dental floss dua kali sehari untuk mencegah hal tersebut.

Agar ingatan tetap tajam, Bujang Dare juga perlu menghindari :

a. Sarapan bukan dengan kandungan karbohidrat
Sebuah penelitian di Tuft University menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari memiliki daya ingat yang buruk. Sel otak Bujang Dare membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara optimal. Roti gandum, mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet dan otak Bujang Dare.

b. Absen olahraga pagi
Menurut Sandra Aamodt, PhD, penulis 'Welcome to Your Brain', olahraga meningkatkan peredaran darah ke otak dan menyuplai lebih banyak oksigen serta glukosa yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar. Berdasarkan penilitian di Journal Neurobiology of Learning and Memory, Bujang Dare dapat mempelajari kosakata baru 20% lebih cepat setelah berolahraga. Disarankan untuk mengambil kelas aerobik atau kickboxing untuk melatih memori dengan menghafalkan gerakan berulang-ulang.

c. Kurang tidur
Ketika Bujang Dare tidur, otak mengubah ingatan jangka pendek menjadi jangka panjang. Proses ini terjadi saat Bujang Dare benar-benar tidur nyenyak. Tanpa istirahat yang cukup, hormon penting seperti serotonin, norepinefrin, dan asetilkolin akan menurun.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.