3/3 : Bau Mulut, No Way!

Apa sih yang biasanya menyebabkan bau mulut? Umumnya disebabkan karena kerusakan pada gigi atau makan makanan yang memicu aroma tak sedap. Ternyata tak hanya dua hal itu saja yang menyebabkan aroma mulut tak sedap. Tanpa diduga, beberapa hal lain juga turut menjadi penyebab ketidaknyamanan ini.


Menurut penelitian, seperti dilansir oleh boldsky.com, beberapa kasus bau mulut justru disebabkan oleh kebiasaan buruk atau diet yang tidak sehat. Nah, mari kita lihat penyebab-penyebab bau mulut yang mungkin Bujang Dare belum mengetahuinya dan tentu patut dihindari.

a. Tidak sarapan pagi
Dikatakan baik untuk kesehatan dan diet, ternyata sarapan pagi juga membantu mencegah bau mulut. Mereka yang enggan sarapan pagi cenderung mengalami bau mulut akibat bakteri yang tinggal di dalamnya. Sarapan pagi membantu meningkatkan jumlah saliva sehingga mulut dan lidah lebih bersih dan tidak ditinggali oleh bakteri penyebab bau mulut.

b.Mengorok
Mereka yang tidur mengorok umumnya tak bisa bernafas dengan baik menggunakan hidung, sehingga udara keluar masuk lewat mulut. Hal ini menyebabkan air liur menjadi kering, dan bakteri penyebab bau mulut berkembang.

c. Infeksi pada gusi tenggorokan
Apabila Bujang Dare mengalami infeksi pada gusi atau sariawan, jangan hanya dibiarkan. Segera atasi dengan berbagai cara untuk menghentikan perdarahan atau infeksi pada gusi. Selain menyebabkan bau mulut, infeksi ini berbahaya bila terus menerus berkembang. Apabila tenggorokan mengalami infeksi, maka beberapa bakteri berkembang di dalamnya. Bakteri tersebut memicu munculnya lendir yang aromanya tidak sedap.

Berikut adalah beberapa tips dan cara  yang disarankan untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap secara alami.

a. Mengunyah Permen Karet 
Mengunyah permen karet ternyata juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bau mulut. Jika selama ini Bujang Dare selalu makan permen manis setelah makan, coba gantikan kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet. Meskipun permen manis dapat membuat mulut terasa segar, namun efek segar tersebut hanya berlangsung sementara karena permen manis justru dapat membuat mulut kering. Sedangkan mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur di mulut sehingga mulut tidak kering. Selain itu, permen karet juga bisa menjadi pembersih gigi.

b. Mengkonsumsi Buah-Buahan 
Mengkonsumsi buah yang kaya akan air dan berserat tinggi seperti apel dan pir ternyata sangat ampuh untuk mengusir bau mulut. Hal tersebut dikerenakan kedua buah tersebut dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga mulut tidak menjadi kering. Buah yang berserat tinggi juga dapat berfungsi sebagai pembersih alami bagi gigi. Selain apel dan pir, buah lemon dan jambu biji juga cukup ampuh untuk mengusir bau mulut yang tidak sedap.

c. Makan Keju 
Kandungan kalsium dan mineral fosfat yang cukup tinggi dalam keju ternyata dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut kita tidak akan terasa kering. Selain itu, keju juga bisa mencegah timbulnya karang gigi.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.