3/3: MIGRAIN


Migrain adalah nyeri kepala sebelah yang bisa jadi sering Bujang Dare alami. Terkadang migrain dianggap penyakit enteng dan sederhana, padahal bila tak ditangani dengan tepat bisa saja memacu serangan stroke dan menurunkan libido. Tubuh menjadi lesu dan kehabisan energi. Migrain bisa dicegah melalui konsumsi beberapa makanan yang dianjurkan berikut ini:


1. Ikan

Ikan yang mengandung omega-3 seperti salmon, sarden atau mackerel baik untuk mencegah sakit kepala. Masaklah ikan dengan sedikit garam dan bumbu rempah. Hindari penggunaan garam yang berlebihan atau ikan kalengan karena bisa memperparah sakit kepala.
2. Bayam

Bayam mengandung riboflavin dan vitamin B2 yang diketahui efektif mencegah serangan migrain. Bayam baik dimakan bersama pasta gandum, campuran sayuran dalam salad, dibuat smoothie atau dijadikan masakan berkuah. Hanya saja jangan terlalu lama saat merebus bayam karena nutrisi pentingnya akan hilang.
3. Gandum

Millet, sejenis biji-bijian gandum kaya akan magnesium dan vitamin B yang ampuh mengusir migrain jika dikonsumsi secara rutin. Millet bisa ditemukan di sejumlah supermarket besar dan biasa dikonsumsi sebagai bubur atau bahan tambahan dalam sup.

Tidak kalah penting untuk diketahui juga oleh Bujang Dare beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mengurangi kemungkinan Bujang Dare terserang migrain, yaitu:


1. Zat tambahan pada makanan

Zat-zat tambahan yang biasanya dicampurkan pada makanan juga perlu diwaspadai seperti MSG, sulfites, nitrites dan aspartame. MSG atau monosodium glutamat berfungsi sebagai penyedap rasa. Sulfites merupakan pengawet buah-buahan kering dan wine. Nitrites berfungsi untuk mengawetkan daging, sedangkan aspartame bermanfaat sebagai pemanis buatan pada minuman dan permen karet.

2. Daging yang diawetkan

Hindarilah daging-daging yang melalui proses pengawetan seperti diasap, diasinkan, difermentasi, dan diasamkan seperti pepperoni, hot dog, ikan sarden, kornet, dan lain-lain.

3. Pisang

Para ilmuwan menduga bahwa makanan yang kaya akan potassium menjadi penyebab munculnya migrain pada orang yang sensitif terhadap zat tyramine. Potassium sendiri merupakan mineral yang sebetulnya bermanfaat bagi tubuh kita.




Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.