3/3: MENCEGAH ASAM LAMBUNG

Bujang Dare pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah penyakit maag. Penyakit maag adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam lambung yang menyebabkan iritasi atau luka di selaput lendir lambung.

Kondisi peningkatan level asam lambung memang sangat mengganggu. Hal ini terjadi ketika pengeluaran (sekresi) asam berlebihan dalam kelenjar lambung. Ketika sekresi terjadi lebih dari biasanya, dada akan terasa panas atau sering disebut heartburn. Jangan heran apabila saat Bujang Dare mengkonsumsi makanan pedas seringkali menjadi pemicu datangnya penyakit ini.



Selain itu, timgginya asam lambung juga dapat dikarenakan Bujang Dare membiarkan perut kosong dalam waktu lama sehingga penyakit asam lambungpun tak dapat dihindari. Agar Bujang Dare tak tersiksa penyakit asam lambung, ketahui cara mudah mencegah asam lambung, diantaranya adalah:


  1. Perbanyak konsumsi air hangat. Minumlah segelas air hangat setiap pagi setelah bangun tidur.
  2. Beberapa buah-buahan dapat mencegah asam lambung, diantaralah adalah pisang, semangka, dan mentimun. Sebaiknya membiasakan untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut setiap hari.
  3. Jahe sangat efektif untuk meredakan masalah pencernaan. Bujang Dare bisa mengonsumsi jahe dalam masakan, bubuk atau kapsul.
Beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita sakit maag antara lain :

  1. Minuman yang dapat merangsang produksi asam lambung seperti kopi, susu, anggur putih dan minuman bersoda.
  2. Makanan yang berlemak dan sulit dicerna, seperti kue tar, keju dan coklat.
  3. Makanan dan minuman yang terlalu banyak serat dan mengandung gas antara lain sayuran seperti sawi dan kol serta buah seperti nangka dan kedondong.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.